Apa Itu Blind Spot Truk? Wajib Dipahami agar Perjalanan Tetap Aman!

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk sering menimbulkan kerugian besar, termasuk korban jiwa dan kerusakan. Salah satu faktor yang berkontribusi pada kecelakaan ini adalah blind spot truk. Bagi pengemudi truk dan pengguna jalan lain pemahaman mendalam tentang apa itu blind spot terbilang cukup penting untuk menjaga perjalanan tetap aman.

Sebagian besar orang beranggapan jika berkendara hanya perlu hafal jalan, mengetahui bagaimana kendaraan melaju, dan tahu destinasi tujuan. Padahal selama berada di perjalanan ada banyak sekali hal yang perlu Anda perhatikan 

Mulai dari kecepatan kendaraan, haluan kendaraan untuk berbelok, dan jarak aman antar kendaraan. Meski demikian, sayangnya masalah seputar blind spot atau titik buta masih seringkali diabaikan. Padahal hal tersebut menjadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan yang sering terjadi. Lantas apa itu blind spot pada truk? Ini dia penjelasannya.

Pengertian Titik Blind Spot Truk

Titik blind spot truk, Sumber: vkool-indonesia.com
Titik blind spot truk, Sumber: vkool-indonesia.com

Pada dasarnya blind spot adalah area di sekitar truk yang tidak bisa dilihat dengan jelas oleh pengemudi menggunakan kaca spion ataupun pandangan langsung. Area ini seringkali berada di bagian belakang truk dan sisi kiri maupun kanan kendaraan. Hal ini disebabkan karena ukuran dan tinggi truk kontainer

Terutama pada truk trailer, panjang titik buta ini bisa mencakup area yang cukup luas. Truk memiliki titik buta yang berbeda dengan mobil biasa karena ukurannya relatif lebih besar dan bentuknya yang panjang. 

Area titik buta pada kendaraan truk bisa menyebabkan bahaya besar bagi pengendara lain yang berada di sekitarnya. Terutama ketika truk sedang bergerak, berbelok atau bahkan melakukan manuver lainnya. Oleh sebab itu sebagai seorang pengemudi, Anda harus bisa mempertimbangkan titik antara kendaraan satu dengan kendaraan lainnya. 

Alasan Mengapa Blind Spot Truk Menjadi Ancaman

Ancaman blind spot, Sumber: gilamotor.com
Ancaman blind spot, Sumber: gilamotor.com

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa titik buta pada truk menjadi ancaman serius karena pengemudi truk dengan pengemudi lainnya tidak dapat saling melihat area blind spot tersebut. Kondisi semacam ini terbilang cukup membahayakan. Nah berikut merupakan beberapa alasan mengapa titik buta pada truk menjadi ancaman yang serius. 

1. Potensi Tabrakan dan Kecelakaan

Ketika truk berpindah jalur maupun berbelok, kendaraan atau pejalan kaki di area blind spot dapat tertabrak tanpa disadari oleh pengemudi itu sendiri. Pengemudi truk mungkin tidak bisa menyadari adanya kecelakaan yang berada di dekatnya ketika berpindah jalur maupun mengubah arah sehingga ikut meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. 

2. Kerugian Ekonomi dan Waktu

Kecelakaan yang melibatkan truk bisa menyebabkan kerugian besar, baik bagi kendaraan itu sendiri maupun infrastruktur jalan. Penyelidikan dan pembersihan setelah kecelakaan juga dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas yang parah dan menimbulkan keterlambatan dalam perjalanan. 

3. Ancaman Bagi Pejalan Kaki dan Pengendara Lain

Titik buta pada truk juga bisa menjadi ancaman bagi pejalan kaki dan pengendara lain. Hal ini disebabkan karena pejalan kaki dan pengendara lain tersebut tidak terlihat oleh pengemudi ketika berada di dekat truk. Oleh sebab itu pastikan untuk tidak berada di area blind spot demi menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan. 

Area Blind Spot Truk yang Wajib Diketahui

Area blind spot, Sumber: kompas.com
Area blind spot, Sumber: kompas.com

Meskipun setiap jenis kendaraan memiliki area blind spot yang berbeda tergantung pada jenis dan muatan kendaraan, namun salah satu area buta yang cukup fatal dimiliki oleh kendaraan besar seperti truk. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengenali empat area blind spot untuk menghindarinya. 

1. Area Belakang Truk

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwasanya bagian belakang truk merupakan titik buta terbesar yang dimiliki oleh truk. Hal ini disebabkan karena area tersebut bisa terblokir terutama ketika kendaraan sedang membawa banyak muatan. Secara tidak langsung maka pengemudi akan kesulitan untuk bisa melihat apa saja melalui kaca spion ketika mengemudi.

Bukan hanya truk yang membawa banyak muatan saja, box truk juga memiliki area blind spot pada bagian belakang. Mengingat area tersebut tidak terlihat, membuat bagian ini terbilang cukup berbahaya terutama ketika ada mobil kecil yang berada di belakangnya. 

2. Area Samping Kiri Truk

Bagian lain terletak pada area samping depan dan samping kiri dengan jarak kurang lebih 3 meter atau memanjang hingga 3 lajur kiri. Area tersebut juga terbilang cukup sulit untuk dilihat oleh pengemudi truk karena pengemudi berada di sebelah kanan. 

Untuk bisa melihat blind spot pada sebelah kiri biasanya pengemudi harus berbelok ke arah kiri terlebih dahulu yang terbilang cukup mengganggu ketika berkendara. Hal ini ikut menjadi alasan mengapa pengemudi truk biasanya membawa teman selama perjalanannya. 

Bukan hanya sekedar menjadi teman ngobrol saja, mengajak teman juga terbilang cukup membantu untuk bisa melihat titik buta di area sebelah kiri. Oleh sebab itu jika terdapat kendaraan yang berada cukup dekat pada titik tersebut bisa diidentifikasi. 

3. Area Samping Kanan Truk

Area samping kanan truk juga termasuk ke dalam salah satu titik buta yang cukup berbahaya. Blind spot ini biasanya dimulai dari sisi kanan taksi dan membentang sejauh sisi kanan truk hingga 3 lajur lalu lintas di sebelah kanan. 

Meskipun para pengemudi umumnya bisa melihat kaca spion pada bagian kanan, namun terkadang terdapat beberapa barang yang tidak dapat dilihat melalui kaca spion tersebut. Oleh sebab itu Anda perlu berhati-hati ketika hendak melewati atau mengemudi pada sebelah sisi kanan truk. 

4. Area Depan Truk

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwasanya blind spot truk depan berada di bagian bawah jendela utama atau sering dikenal sebagai kaca depan. Titik buta area depan biasanya berkisar 2 meter. Area ini juga terbilang cukup berbahaya jika terdapat kendaraan lain di depannya yang tidak dilihat oleh pengemudi truk. 

Secara tidak langsung hal ini juga ikut meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan yang dapat membahayakan keselamatan bukan hanya dari pihak pengemudi truk saja namun juga pengendara lainnya. Jadi pastikan untuk selalu berkendara pada area dan jarak aman dengan perhitungan tepat agar terhindar dari kecelakaan. 

Blind spot truk adalah masalah serius yang bisa menyebabkan kecelakaan. Demi menjaga perjalanan tetap aman ketika sewa truk box, penting bagi Anda untuk bisa memahami apa itu titik blind spot pada truk dan bagaimana menghindarinya. Pastikan untuk selalu berhati-hati ketika berkendara demi mengurangi risiko kecelakaan yang tidak diinginkan.

Leave a Comment