Cara Packing Barang Besar Agar Mudah Dikirim dan Tetap Aman

Setiap barang mempunyai cara packingnya sendiri-sendiri yang disesuaikan dengan ukurannya. Semakin besar ukuran dimensi dari barang yang akan dikirim maka, perlu ada teknik khusus yang dilakukan. Tujuannya adalah agar barang tersebut mudah dikirim dan tetap aman. Untuk itu ada cara packing barang besar yang bisa Anda ikuti.

Jika dilihat mungkin sangat mudah dan gampang melakukan packing barang. Namun, hal ini akan menjadi sedikit lebih susah ketika barang yang Anda packing memiliki ukuran dimensi yang besar. Karena hal paling utama yang dipikirkan saat packing barang tersebut adalah keamanannya.

Disisi lain juga proses dari pengirimannya juga perlu untuk dipertimbangkan. Karena bila packingan yang dilakukan tidak sesuai dengan standar prosedur pengiriman yang ada. Tentunya barang tersebut tidak bisa untuk dilakukan pengiriman pada alamat tujuan. Inilah yang menjadi mengapa pentingnya Anda untuk dapat mengetahui cara packing barang besar.

Cara Packing Barang Besar

Berikut ini beberapa cara packing barang besar yang bisa Anda ikuti diantaranya:

1. Mengetahui Dimensi Barang

Ilustrasi ukuran dimensi barang, sumber blog.jaskipin.co.id
Ilustrasi ukuran dimensi barang, sumber: blog.jaskipin.co.id

Hal yang harus Anda lakukan pertama adalah mengetahui terlebih dahulu dimensi pasti dari barang yang akan dikirim. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengetahui dimensi barang. Umumnya setiap barang memiliki informasi tentang spesifikasi. Dari informasi tersebut bisa Anda peroleh ukuran dimensi dari barang tersebut.

Jika tidak ada informasi spesifikasi Anda, bisa mengukur dimensi barang menggunakan bantuan alat ukur seperti meteran dan sejenisnya. Dengan begitu Anda bisa memiliki gambaran jelas dalam menentukan packingan barang besar. Karena mengetahui dimensi menjadi modal utama agar proses packingan mudah untuk dilakukan.

2. Pahami Sifat dan Jenis Barang

Setiap barang pastinya memiliki sifat dan jenisnya masing-masing. Ketika Anda ingin mengirim barang apapun termasuk barang dengan ukuran yang besar. Wajib untuk Anda dapat pahami sifat dan jenis barangnya sebelum melakukan packingan.

Tujuannya adalah agar Anda dapat mengetahui perlakuan atau tindakan yang sesuai. Untuk mencegah barang tersebut terhindar dari resiko yang tidak diinginkan. Barang yang umumnya paling rentan dan perlu adanya perlakuan yang khusus adalah barang pecah belah dan cair.

3. Menggunakan Pembungkus yang Tepat

Proses packing barang menggunakan kardus, sumber zentral-mpls.com
Proses packing barang menggunakan kardus, sumber: zentral-mpls.com

Ada banyak jenis-jenis packingan barang yang bisa Anda gunakan untuk membungkus barang dengan ukuran yang besar. Jenis bahan packingan tersebut seperti kardus, plastik, styrofoam, kayu pallet, dan lain-lain. Untuk memilih jenis packingan yang tepat, Anda harus sesuaikan dengan sifat dan jenis barangnya.

Contohnya jika barang yang Anda kirim memiliki ukuran dimensi yang cukup besar seperti lantai marmer. Penggunaan jenis packingan kayu pallet menjadi pilihan yang tepat agar tidak mengenai berbagai benturan secara langsung. Jadi, pastikan kembali sifat dan jenis barang yang akan dikirim.

4. Menambahkan Perlindungan Ekstra

Jika Anda merasa jenis packingan yang dipilih masih kurang tingkat perlindungannya. Bisa untuk menambahkan perlindungan ekstra agar kualitas barang tetap aman saat proses pengiriman. Biasanya perlindungan ekstra menggunakan jenis packingan kayu, plastik, bubble wrap, dan styrofoam.

Jenis bahan packingan tersebut sangatlah tepat untuk dijadikan perlindungan ekstra barang besar. Karena akan menghindari dari berbagai resiko yang dapat membuat barang menjadi rusak dan lain sebagainya. Dengan cara mengurangi gesekan dan benturan yang biasanya terjadi pada saat proses pengiriman.

5. Melakukan Packingan Dengan Rapi

Hasil packingan barang yang rapi, sumber blog.anteraja.id
Hasil packingan barang yang rapi, sumber: blog.anteraja.id

Dalam melakukan packingan barang akan sangat baik bila dibuat dengan rapi. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara packing barang besar yang sangat membantu dalam proses pengiriman. Walaupun lumayan sulit dalam melakukannya tapi, dengan keterampilan dan kesebaran tentunya Anda dapat dengan mudah melakukan packingan yang rapi.

Agar mudah dalam melakukannya Anda bisa cermati terlebih dahulu setiap bagian sisi dari barang. Setelah itu, tentukan bentuk packingannya umumnya akan disesuaikan dengan bentuk dari benda. Jika sudah, Anda bisa membungkusnya dengan rapi sesuai dengan gambaran yang telah didapatkan.

6. Menambahkan Stiker Penanda Khusus Peringatan

Barang dengan ukuran yang besar tentu memiliki beberapa sensitivitas yang harus bisa dilindungi. Bila tidak terlindungi maka, barang akan mudah mengalami kerusakan.Tujuan dari menambahkan stiker penanda khusus peringatan agar mencegah barang dilempar atau dibanting saat proses pengiriman berlangsung.

Hal ini umumnya terjadi pada saat proses pengiriman. Hal ini terjadi biasanya dikarenakan ingin lebih cepat selesai pada saat pemindahan barang. Namun, dengan adanya stiker penanda khusus peringatan. Pencegahan dari hal ini dapat terjadi dapat diminimalkan.

7. Memilih Jasa Pengiriman Barang yang Terpercaya

Jasa pengiriman barang, sumber j-express.id
Jasa pengiriman barang, sumber: j-express.id

Cara packing barang besar yang terakhir adalah memilih jasa pengiriman barang yang terpercaya. Sama saja ketika semua packingan barang yang sudah dilakukan sebaik mungkin, kalau tidak tepat dalam memilih jasa pengiriman barang. Karena kondisi dan kualitas dari barang tergantung dari proses pengiriman yang dilakukan oleh pihak penyedia jasa.

Jadi, pilihlah perusahaan ekspedisi di Indonesia yang terpercaya dan memiliki review dan feedback yang baik dari para penggunanya. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mengirim barang dan tentunya tetap aman sampai tempat tujuan.

Jika sudah mengetahui cara packing barang besar tentunya, sudah bukan menjadi hal yang sulit lagi untuk Anda lakukan. Namun, bila Anda masih mengalami kesulitan atau perlu bantuan, tersedia juga jasa packing barang yang bisa digunakan. Karena setiap barang dengan ukuran yang besar pastinya memiliki tingkat kesulitan packing yang berbeda-beda.

Semoga dengan berbagai penjelasan yang telah disampaikan dapat berguna Anda. Jangan lupa juga untuk update informasi bermanfaat dan menarik lainnya hanya di laman Kabul Trans – Pusat Penyewaan Truk Terpercaya.

Leave a Comment