Sekilas Tentang Jasa Logistik dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda!

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan melayani pengiriman produk ke berbagai wilayah, memilih layanan jasa logistik yang tepat dalam bisnis adalah keharusan. Penjualan yang meningkat, tentu membuat Anda harus bisa mendistribusikan produk atau barang dengan cepat.

Perlu diketahui, jasa logistik adalah layanan pengiriman barang dalam skala kecil, menengah maupun dalam skala besar. Dengan adanya perusahaan  yang menyediakan jasa layanan logistik, semua pengiriman barang jauh lebih cepat dan tepat waktu. Dampak baiknya adalah pelanggan akan merasa puas dengan  pelayanan bisnis.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang berbagai hal tentang jasa logistik untuk meningkatkan layanan penjualan bisnis Anda. Penasaran? Langsung saja simak ulasannya!

Manfaat Jasa Logistik Untuk Bisnis

Manfaat jasa logistik untuk bisnis Anda, Sumber: bonanusantara.com
Manfaat jasa logistik untuk bisnis Anda, Sumber: bonanusantara.com

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bila bisnis Anda menggunakan jasa layanan logistik. Apa saja manfaat tersebut? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Pengiriman barang menjadi lebih cepat 
  • Jumlah barang yang dikirim bisa jauh lebih banyak 
  • Proses pengiriman barang menjadi praktis dan tidak ribet
  • Barang yang dikirim dapat dipantau lewat tracking airway bill (nomor resi)
  • Barang kiriman dapat distribusikan secara lebih luas ke pelanggan di berbagai daerah
  • Meningkatkan kredibilitas bisnis 

Dari manfaat di atas, bisa dikatakan bahwa layanan jasa logistik memberikan banyak dampak yang positif terhadap bisnis. Oleh karenanya, Anda perlu memasukkan layanan ini dalam manajemen bisnis Anda, terutama untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih positif.

Jenis Layanan Jasa Bisnis yang Tersedia

Berbincang tentang jasa logistik, ada beberapa jenis layanan yang tersedia. Adanya berbagai layanan tentu sangat memudahkan bisnis untuk mengirim produk atau barang sesuai dengan keperluan.

Berikut ini beberapa jenis layanan jasa bisnis yang tersedia diantaranya adalah:

1. Gudang

Sebelum barang dikirim ke tempat tujuan terlebih dahulu akan disimpan di gudang. Layanan ini sangat diperlukan saat melakukan pengiriman barang jarak jauh. Hal ini dikarenakan barang perlu transit di beberapa daerah atau kota, sebelum ke lokasi tujuan. Dalam pengirimannya disesuaikan dengan muatan truk.

Biasanya layanan gudang dimiliki oleh perusahaan logistik yang menyediakan layanan pengiriman barang. Namun, ada beberapa hal tertentu layanan gudang dikelola oleh pihak ketiga. Intinya adalah gudang adalah jenis layanan yang umumnya digunakan oleh setiap perusahaan logistik untuk menampung berbagai barang yang akan dikirim.

Gudang logistik, Sumber: freightsight.com
Gudang logistik, Sumber: freightsight.com

2. Bongkar Muat Pelabuhan

Barang yang dikirim menggunakan transportasi kapal akan melakukan proses bongkar muat di pelabuhan. Untuk dapat terus mengontrol barang kiriman dari berbagai daerah biasanya dari pihak perusahaan logistik dan pelabuhan bekerja sama. 

Dari hasil  kerja sama tersebut menciptakan layanan bongkar muat pelabuhan. Layanan ini dikatakan cukup kompleks karena menawarkan beberapa service sekaligus. Dari beberapa layanan tersebut, bongkar muat menjadi yang utama.

3. Layanan Logistik Udara

Layanan jasa logistik udara cukup populer digunakan untuk mengirim barang. Alasannya adalah karena layanan logistik udara menawarkan pengiriman barang yang cepat. Serta,  barang yang dikirim pun bisa dalam skala yang besar. 

Menggunakan layanan logistik udara, tentunya membuat pengiriman barang dapat lebih efisien. Transportasi pesawat kargo yang membuat barang dapat dikirim ke tempat tujuan menjadi lebih cepat. Jadi, bila Anda ingin pelanggan puas dengan layanan bisnis, bisa menjadikan layanan logistik udara sebagai pilihannya.

4. Layanan Logistik Laut

Bila dibandingkan dengan layanan logistik udara, layanan logistik laut lebih efisien pada jumlah muatan. Ukuran kapal kargo yang berukuran besar, tentu membuat jumlah barang kiriman dapat dimuat lebih banyak. Walaupun, dari segi kecepatan tidak seperti layanan kargo udara, tetapi wilayah jangkauannya lebih luas.

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah biaya pengiriman barang relatif jauh lebih terjangkau. Jadi, bisnis Anda akan lebih mudah mengirim barang dengan jumlah besar tanpa terhambat pada biaya pengiriman. Oleh karena itu, layanan logistik kargo laut sangat cocok bagi  bisnis ritel.

5. Kargo

Kargo adalah layanan pengiriman muatan barang dengan  kendaraan berupa truk, kereta api, kapal, dan pesawat terbang. Umumnya layanan kargo digunakan untuk mengirim barang dalam jumlah dan ukuran yang besar. Kebalikan dari layanan reguler, yaitu pengiriman barang dengan jumlah tidak begitu besar. Itulah perbedaan kargo dan reguler.

Setiap perusahan logistik memiliki layanan kargo yang berbeda-beda. Ada yang menyediakan muatan barang dengan kendaraan truk saja. Serta ada juga yang menyediakan muatan barang dengan berbagai jenis kendaraan. Dari setiap jenis kendaraan muatan barang logistik, tentu memiliki kelebihannya masing-masing.

6. Kurir

Sampainya barang kepada pelanggan melalui layanan kurir. Dari proses pengiriman hingga bongkar muat, pihak kurir yang memastikan barang aman dan selamat sampai kepada pelanggan. Setiap perusahaan jasa logistik memiliki layanan kurir. Hal ini, tentu membuat Anda tak perlu repot harus mengirimkan barang lagi ke pelanggan.

Dalam layanan kurir ada beberapa pilihan kecepatan pengiriman yang bisa Anda pilih, seperti express dan reguler. Bila Anda ingin barang dapat sampai kepada pelanggan dengan waktu yang cepat, bisa memilih layanan express.

Itulah beberapa jenis layanan logistik bisnis yang bisa Anda gunakan saat hendak mengirim barang. Tinggal Anda sesuaikan saja lagi dengan keperluan dalam melakukan pengiriman. Dengan begitu, bisnis Anda akan lebih mudah mengirim barang kepada pelanggan.

Tantangan Dalam Penggunaan Jasa Logistik Dalam Bisnis

Tantangan menggunakan jasa logistik, Sumber: finansialku.com
Tantangan menggunakan jasa logistik, Sumber: finansialku.com

Ada beberapa tantangan yang perlu menjadi perhatian Anda saat menggunakan jasa logistik. Hal ini bertujuan agar pengiriman barang kepada pelanggan dapat berjalan lancar dan tidak terhambat. Tantangan tersebut diantaranya:

  • Masalah biaya
  • Waktu pengiriman yang terkadang lama
  • Kualitas layanan yang buruk
  • Terjadi kerusakan barang saat dalam perjalanan
  • Kesulitan cek resi pengiriman barang
  • Barang tidak sampai kepada penerima (pelanggan)
  • Kesalahan informasi dan metode pengiriman

Beberapa poin di atas adalah ragam penjelasan tentang jasa logistik untuk bisnis serta manfaatnya. Jadi, bila  Anda ingin bisnis menjadi lebih mudah dalam distribusi produk atau barang kepada pelanggan, maka jasa pelayanan logistik adalah solusinya.

Melakukan pengiriman barang sendiri yang sama halnya dengan layanan logistik bisa dilakukan. Bila bisnis Anda melakukan pengiriman barang antar kota bisa dikirim secara langsung. Manfaat yang didapatkan adalah hemat biaya dan waktu pengiriman menjadi lebih cepat.

Nah, bila Anda mencari sewa truk box atau kendaraan logistik lainnya, Kabul Transport menyiapkannya untuk Anda. Tentu, dengan layanan ini, Anda tak perlu repot lagi dan menjadi opsi jasa logistik dalam mengirim barang. 

Tertarik untuk menyewa kendaraan logistik? Hubungi CS Kabul Transport dan dapatkan penawaran layanan dengan harga terbaik!

Leave a Comment