Inilah Jenis Pengiriman Cargo Sesuai Transportasinya

Jenis Pengiriman Cargo – Untuk memenuhi kebutuhan bisnis modern dalam pengangkutan barang, masyarakat membutuhkan jasa angkut. Pengiriman barang dalam jumlah atau muatan besar, masyarakat umum memerlukan cargo.

Secara umum pengiriman cargo adalah pengiriman dalam skala yang besar. Beda halnya dengan pengiriman ekspedisi yang mengirimkan barang dalam skala yang lebih kecil. Untuk pengiriman ekspedisi tidak memperhatikan jumlah minimal berat yang diangkut.

Untuk pengiriman melalui cargo, ongkos kirimnya relatif lebih murah dibandingkan dengan ekspedisi. Jika Anda seorang pebisnis yang membutuhkan jasa pengangkutan barang dalam bentuk truk, maka Anda bisa menggunakan jasa dari Kabul Transport.

Jenis pengiriman cargo sesuai transportasinya, Sumber: fastpay.co.id
Jenis pengiriman cargo sesuai transportasinya, Sumber: fastpay.co.id

Kabul Transport menyediakan jasa sewa truk box untuk mengangkut kebutuhan barang Anda. Tidak hanya untuk bisnis saja yang bisa menyewa truk box, namun juga untuk keperluan lainnya seperti pindah kos, rumah, kantor, dan yang lainnya.

Kabul Transport dapat membantu mengirimkan berbagai barang Anda secara cepat, mudah, dan efisien. Jadi jangan ragu menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut mengenai jasa angkut barang ya.

Lanjut lagi ke pembahasan jenis pengiriman cargo. Di Indonesia ada beberapa jenis pengiriman cargo berdasarkan transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat umum. Anda perlu mengetahui apa sajakah jenisnya.

Jenis Pengiriman Cargo

Ada beberapa jenis pengiriman cargo yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengirimkan atau mengangkut berbagai barang sesuai kebutuhan Anda. Jenis pengiriman ini berdasarkan dari transportasinya, ada yang melalui darat, laut hingga udara.

Berikut jenis pengiriman cargo berdasarkan transportasinya yang perlu Anda ketahui apa saja itu.

1. Pengiriman Cargo Menggunakan Truk

Jenis pengiriman cargo yang pertama merupakan salah satu pengiriman yang menggunakan jalur darat. Pengiriman menggunakan truk ini biasa disebut dengan trucking. Masyarakat umum banyak menggunakan truk sebagai pengiriman barang.

Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Truk dan Kapasitasnya yuk!

Banyak sekali orang-orang yang memanfaatkan truk sebagai jenis pengiriman barang jalur darat. Dari segi kecepatan pengirimannya, tentu saja disesuaikan dengan kemampuan si pengemudinya hingga kondisi kepadatan disepanjang jalan.

Semakin kompeten si pengemudi maka barang bisa sampai dengan cepat. Selain itu kondisi jalannya, jika tidak ada permasalahan saat di jalan maka barang bisa dengan cepat sampai. Terkadang yang membuat lama adalah kondisi jalan yang rusak dan padat.

Pengiriman cargo menggunakan truk, Sumber: wired.com
Pengiriman cargo menggunakan truk, Sumber: wired.com

2. Pengiriman Cargo Menggunakan Kereta

Jenis pengiriman cargo selanjutnya ialah menggunakan kereta. Kereta ini juga masih bagian dari pengiriman barang melalui jalur darat. Penggunaan jenis cargo yang satu ini lebih cepat dan tepat waktu jika dibandingkan dengan pengiriman menggunakan truk.

Hal ini disebabkan karena kereta memiliki jalur khusus sendiri yang bisa memperlancar pengirimannya. Kereta tidak akan mengalami kemacetan di jalan raya seperti truk. Untuk jenis pengiriman yang satu ini biasanya menggunakan kereta express.

Baca juga: Dampak Negatif dari Truk Kelebihan Muatan (Waspadalah)

Selain kereta express ada juga kereta parcel yang memang khusus digunakan untuk pengangkutan barang. Untuk kereta express sama dengan kereta penumpang, hanya saja dibagian belakang ada gerbong khusus untuk mengangkut barang cargo.

Untuk yang kereta parcel, di kereta ini tidak ada gerbong penumpangnya. Jadi semua gerbong yang ada di kereta merupakan gerbong barang. Muatan barang yang bisa diangkut dalam kereta api juga bisa dalam skala besar.

Pengiriman cargo menggunakan kereta api, Sumber: harga.web.id
Pengiriman cargo menggunakan kereta api, Sumber: harga.web.id

3. Pengiriman Cargo Menggunakan Kapal

Kapal merupakan jenis pengiriman cargo dari jalur laut. Jika dibandingkan dengan semua jenis transportasi pengiriman, kapal ini memiliki waktu pengiriman yang relatif lebih lama. Hal ini disebabkan karena kapal perlu berlayar melewati lautan.

Meskipun waktu yang ditempuh tidak secepat transportasi lainnya, namun pengiriman menggunakan kapal memiliki biaya yang lebih terjangkau. Apalagi jenis pengiriman ini dapat menjangkau ke berbagai pulau-pulau yang ada.

Pengiriman via kapal ini cocok untuk Anda yang membutuhkan muatan yang besar dengan jarak tempuh yang jauh. Misalnya saja pengiriman berbagai alat transportasi ke antar pulau atau antar negara yang memerlukan ruang luas dan waktu tempuh yang jauh.

Pengiriman cargo menggunakan kapal, Sumber: sewukuto.id
Pengiriman cargo menggunakan kapal, Sumber: sewukuto.id

4. Pengiriman Cargo Menggunakan Pesawat

Jenis pengiriman cargo selanjutnya ialah menggunakan pesawat terbang. Pesawat terbang ini merupakan transportasi darat yang dapat mengantarkan barang dengan cepat.

Untuk beberapa orang yang ingin mengirimkan barang dengan cepat, cocok menggunakan transportasi yang satu ini. Bahkan sudah banyak yang menggunakannya, meskipun harganya relatif lebih mahal dari jenis pengiriman cargo yang lainnya.

Jika menggunakan pesawat untuk mengirimkan barang di hari biasa maka kecepatan sampainya bisa sesuai dengan yang diharapkan. Namun jika digunakan pada hari-hari besar nasional atau saat liburan, tidak disarankan menggunakan jenis pengiriman ini.

Karena pada hari-hari tersebut, pesawat mengalami kepadatan hingga overload. Sehingga muatan barang tidak bisa sampai dengan cepat sesuai yang diperkirakan sebelumnya.

Jadi jika akan menggunakan transportasi ini untuk mengirimkan barang, perlu memperhatikan situasi dan kondisi terlebih dahulu. Apakah itu hari biasa ataukah saat musim liburan, karena dapat mempengaruhi ketepatan waktu pengirimannya.

Pengiriman cargo menggunakan pesawat, Sumber: tirto.id
Pengiriman cargo menggunakan pesawat, Sumber: tirto.id

Pengiriman Cargo Aman atau Tidak?

Pada saat ini banyak sekali jasa cargo yang menawarkan pengiriman dengan harga yang murah. Tidak jarang juga orang-orang menanyakan apakah aman menggunakan cargo untuk mengirimkan barang?

Jawabannya belum tentu, karena bisa saja terjadi masalah atau kendala selama proses pengirimannya. Untuk pelaku bisnis penting untuk menggunakan asuransi pada saat mengirimkan barang menggunakan cargo.

Baca juga: Inilah Tips Aman Berkendara bagi Pengemudi Truk

Jadi ketika Anda sudah menggunakan asuransi, misalnya saja barang yang Anda kirimkan mengalami kerusakan atau hilang maka tidak perlu khawatir. Karena asuransilah yang nantinya bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan barang tersebut.

Beda halnya jika Anda tidak menggunakan asuransi. Pihak penyedia jasa kargo tidak bisa bertanggung jawab atas kerugian yang Anda alami. Alasannya karena pihak yang bisa bertanggung jawab adalah asuransi.

Itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis pengiriman cargo sesuai dengan transportasinya. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai persewaan truk box, Anda bisa menghubungi kami dikontak yang telah tersedia ya.

Jangan lupa untuk mengikuti berbagai artikel menarik lainnya dari kami hanya di laman website Kabul Transport. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Leave a Comment