Jenis Tempat Tinggal, Dari yang Tradisional hingga Modern

Untuk daerah-daerah yang masih memiliki lahan yang luas dan tidak padat penduduk, tempat tinggal yang ada kebanyakan adalah rumah tunggal. Bahkan ada yang masih tradisional seperti rumah adat. Namun hal ini berbeda dengan daerah padat penduduk yang hanya memiliki lahan sedikit untuk tempat tinggal.

Apa saja jenis tempat tinggal yang dikenal sekarang? Berbagai jenis hunian ini dibuat menurut kondisi dan fungsinya masing-masing. Untuk Anda yang ingin mencari hunian pribadi, Anda perlu mengetahui berbagai jenis hunian yang ada. Simak informasi berikut ini.

Jenis Tempat Tinggal

Pernahkan Anda mendengar jenis tempat tinggal selain rumah? Seperti apartement, flat, kondominium dan lainnya? Ini semua merupakan hunian yang dipakai oleh manusia saat ini. Nah, apa saja jenis tempat tinggal yang ada di tengah kita?

1. Rumah Tapak

Rumah tapak adalah apa yang sehari-hari kita sebut dengan rumah. Di atas lahan tanah pribadi dibangun rumah dengan berbagai ruang kemudian dikelilingi pagar atau tidak dan terpisah dengan rumah milik orang lain. Rumah tapak ini masih banyak terdapat di area yang jarang penduduk seperti desa dan perkampungan.

Ilustrasi Transit Oriented Development, sumber LRT
Ilustrasi Transit Oriented Development, sumber Marketeers

2. Rumah Kopel

Rumah kopel dilihat dari bahasanya adalah rumah pasangan. Maksudnya bangunan rumah ini terlihat seperti sebuah bangunan namun sebenarnya terdiri dari dua (sepasang) rumah. Bisa berpasangan dengan berhadapan saling berlawanan, artinya memiliki dinding belakang rumah yang sama. Bisa juga memiliki satu dinding yang berdampingan kanan dan kiri menghadap ke arah yang sama. Rumah kopel ini biasanya dapat dilihat pada komplek perumahan.

3. Rumah Kota

Rumah Kota (Town House) adalah yang sering kita sebut sebagai komplek perumahan. Bangunan rumahnya dibangun dengan berdampingan secara keseluruhan. Tidak hanya sepasang, bahkan dalam satu lingkungan tampak seperti satu dinding panjang yang dibangun rumah bergandengan dan berderet satu sama lainnya. Kebanyakan jenis hunian seperti ini ditemukan pada sebuah lahan di area perkotaan.

4. Rumah Tunggal

Rumah Tunggal dengan jenis atap tunggal adalah hunian yang sifatnya individual seperti tempat peristirahatan bahkan tempat pengasingan namun sebagai tempat tinggal. Biasanya, orang-orang yang di masa mudanya bekerja keras berusaha membuat tempat peristirahatan untuk masa pensiun atau masa tuanya. Mereka membeli tanah di tempat terpencil bahkan hutan dan membangun rumah yang besar. Kita pasti pernah mengenal bangunan seperti villa di perbukitan, bungalow di area pantai, mansion, cottage dan lain-lain.

5. Rumah Susun

Rumah susun dirancang sebagai bangunan tempat tinggal yang dapat memuat banyak hunian namun didirikan di lahan yang luasnya terbatas. Sehingga bangunan ini menjulang ke atas. Di Indonesia atau negara padat penduduk lainnya seperti China, Hongkong dan Singapore terdapat banyak rumah susun. Di Eropa di area perkotaannya terdapat juga bangunan seperti ini namun dinamakan sebagai flat.

Rumah Tradisional, sumber Furnizing
Rumah Tradisional, sumber Furnizing

6. Cluster

Cluster merupakan lingkungan perumahan yang didalamnya terdapat jenis hunian yang seragam baik jenis rumah kota, rumah kopel ataupun rumah tapak. Perbedaannya adalah fasilitas yang terdapat pada lingkungannya. Cluster biasanya merupakan perumahan yang dibangun beserta fasilitas tempat perbelanjaan, taman bermain, tempat ibadah bahkan sekolah.

7. Apartemen

Apartemen adalah versi mewah dari rumah susun. Konsepnya tetap berupa bangunan bertingkat yang tidak menggunakan lahan yang lebar. Selain memang hunian yang ada lebih luas dan lebih canggih daripada rumah susun, berbagai fasilitas lingkungan-pun sudah termasuk dalam satu bangunannya. Apartemen memang tempat tinggal orang-orang yang berpenghasilan tinggi. Pada apartemen terdapat tingkat bangunan yang khusus terdapat fasilitas seperti tempat belanja, pusat kebugaran serta fasilitas lainnya.

8. Rumah Toko

Rumah toko adalah jenis hunian yang dibangun untuk tujuan perekonomian. Desain rumahnya adalah tempat tinggal dengan bentuk seperti toko yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Meskipun begitu, rumah toko juga ada yang hanya merupakan toko dan ruangan rumah di dalamnya dijadikan tempat pasokan stok dan keperluan lainnya.

Selain rumah toko, sebenarnya ada juga rumah kantor yang memiliki konsep yang hampir sama. Rumah kantor adalah tempat tinggal yang terdapat bagian bangunan yang bisa dijadikan sebagai kantor dalam satu bangunan yang sama.

9. Kondotel

Kondotel merupakan singkatan dari kodominium dan hotel. Maknanya tentu saja, hunian ini merupakan kondominium yang sejenis dengan apartemen namun memiliki pelayanan. Tempat tinggal dengan pelayanan sehingga terdapat kantor dan para pegawai yang memberikan layanan kepada penghuninya adalah selayaknya sebagaimana hotel. Sehingga tempat tinggal jenis ini disebut sebagai kondotel.

Mengangkat Barang, sumber Rumah123
Jasa Pindah Rumah, sumber Rumah123

10. Transit Oriented Development (TOD)

TOD merupakan jenis tempat tinggal terobosan baru yang menggabungkan fungsi transportasi di dalamnya. Jenis hunian ini dibangun sekaligus dengan saran transportasi umum didalamnya seperti monorail transportation (MRT), Commuter Line serta lainnya yang sejenis. Sehingga, apabila tinggal di hunian semacam ini relatif tidak membutuhkan transportasi pribadi seperti mobil dan sepeda motor.

Keberadaan tempat tinggal jenis ini tujuannya selainnya memudahkan akses transportasi juga mengurangi kepadatan di area perkotaan. Sehingga hunian ini dapat dibangun di area pinggiran namun penghuninya dapat dengan mudah menuju perkotaan dengan sarana transportasinya.

Itu dia berbagai jenis hunian yang saat ini ada di sekitar kita. Mulai dari yang biasa hingga yang paling canggih dan modern. Apa hunian yang ingin Anda tempati?

Jika Anda memerlukan jasa angkut untuk pindah ke hunian, hubungi sewa truk box. Semoga ulasan ini bisa memberikan informasi menarik untuk Anda. Simak juga berbagai informasi lainnya di halaman Kabul Trans.

Leave a Comment