SIM Truk, Sangat Penting untuk Sopir Kendaraan Angkutan

SIM atau Surat Izin Mengemudi adalah bukti registrasi yang diberikan oleh Polri kepada mereka yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani rohani, memahami peraturan lalu lintas, serta terampil dalam mengemudikan kendaraan. Terdapat beberapa jenis SIM yang berlaku di Indonesia, salah satunya adalah SIM untuk pengemudi truk.

Bagi sebagian orang, mungkin SIM untuk pengemudi truk menjadi salah satu jenis SIM yang tidak familiar. Karena biasanya yang dikenal hanya SIM A dan SIM C saja. Mengendalikan truk tentu berbeda dengan mengendalikan kendaraan biasa. Oleh sebab itu, SIM untuk pengemudi truk juga berbeda dengan SIM yang digunakan untuk pengemudi mobil.

Selain mengurus kir truk, sebagai pengemudi atau bahkan pemilik truk, mengurus dan membuat SIM juga perlu dilakukan. Karena mengurus kir dan juga mengurus SIM sama pentingnya bagi keamanan Anda dalam melakukan perjalanan. Jika Anda tidak mengurus kir dan tidak memiliki SIM, bisa saja Anda akan mendapatkan denda.

Surat Izin Mengemudi untuk truk, Sumber: analisnews.co.id
Surat Izin Mengemudi untuk truk, Sumber: analisnews.co.id

Mengenal Jenis SIM untuk Pengendara Truk

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai jenis SIM yang dibedakan berdasarkan jenis kendaraan yang dikendarai. SIM A untuk pengendara roda empat atau mobil, SIM C untuk roda 2, SIM D khusus untuk penyandang disabilitas, dan SIM B untuk pengendara truk.

Namun, SIM B pada truk ternyata juga masih dibedakan menjadi dua jenis, lho. Yaitu SIM B1 dan SIM B2, serta SIM B1 umum dan SIM B2 umum. Apa perbedaan dari keempat SIM tersebut? 

  • SIM B1. SIM ini berlaku untuk mengemudikan kendaraan penumpang dan barang milik pribadi dengan jumlah berat lebih dari 3.500 kg.
  • SIM B2. Digunakan untuk mengemudikan kendaraan seperti alat berat, penarik, atau menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk gandengan lebih dari 1.000 kilogram.
  • SIM B1 Umum. Untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang umum dengan jumlah berat lebih dari 3.500 kg.
  • SIM B2 Umum. Untuk mengemudikan kendaraan alat berat, kendaraan penarik milik pribadi dengan berat gandengan yang ditarik lebih dari 1.000 kg.

Sebenarnya jenis SIM untuk truk pribadi dan umum memiliki kesamaan pada berat yang boleh diangkut, hanya saja yang membedakan adalah warna plat kendaraan yang dikemudikan. Untuk mereka yang mengemudikan kendaraan dengan plat berwarna kuning, maka harus memiliki SIM B1 dan B2 Umum.

Hal ini berlaku juga untuk sim untuk truk roda 6, sim truk canter, sim truk engkel, sim untuk truk roda 10, hingga sim truk wing box. Setidaknya para pengemudi jenis truk tersebut harus membuat SIM B1 dan B2. Untuk jenis SIM biasa atau umumnya, bisa disesuaikan dengan kepemilikan truk dan juga muatan yang bisa diangkat oleh truk tersebut.

Pentingnya memiliki SIM bagi pengendara, Sumber: jurnalsumsel.pikiran-rakyat.com
Pentingnya memiliki SIM bagi pengendara, Sumber: jurnalsumsel.pikiran-rakyat.com

Fungsi Surat Izin Mengemudi Bagi Pengemudi Truk

Surat Izin Mengemudi bukan hanya berfungsi sebagai tanda bahwa Anda mampu mengendarai kendaraan. Perlunya seseorang memiliki SIM bukan hanya untuk formalitas saja, namun SIM juga memiliki fungsi lain lebih dari itu.

Bagi Anda pengemudi truk, penting bagi Anda untuk memiliki sebuah SIM yang sesuai dengan jenis truk yang dikemudikan. Karena jika Anda memiliki sebuah SIM, perjalanan Anda tentu akan aman dan lancar. Lalu apa saja fungsi dengan dibuatnya sebuah SIM? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Bukti Kompetensi Mengemudi

Fungsi pertama dari Surat Izin Mengemudi yaitu sebagai bukti kompetensi mengemudi. Mengapa begitu? Karena sebelum mendapatkan sebuah SIM, Anda harus menjalani beberapa tes sebagai salah satu syaratnya.

Tes tersebut meliputi tes tertulis atau teori, ujian praktik, serta tes keterampilan simulator. Tes tertulis atau tes teori untuk membuat Surat Izin Mengemudi truk tentunya berbeda dengan tes pada umumnya. Umumnya, pada tes membuat SIM ini Anda harus mengetahui mengenai lalu lintas, namun berbeda dengan tes membuat SIM truk. 

Pada tes membuat Surat Izin Mengemudi untuk truk, Anda sebagai pengemudi truk perlu mengetahui materi yang berkaitan dengan pengetahuan mengenai lalu lintas, perilaku berkendara di jalan umum, tonase, kelas jalan, hingga tata cara pengangkutan. 

Setelah menjalani tes tertulis, tes selanjutnya yang harus dilakukan adalah ujian praktik. Ujian praktik ini bertujuan untuk membuktikan apakah Anda memang mampu berkendara. Biasanya pada ujian praktik ini Anda diminta untuk melewati berbagai rintangan yang sudah disediakan. 

Seperti melewati jalanan yang dibuat zig-zag, diminta untuk memarkirkan kendaraan secara paralel maupun seri, berjalan di bidang yang sempit, serta bagaimana mengendalikan kendaraan jika berada di tanjakan. Apabila Anda berhasil dalam melakukan kedua tes tersebut, maka Anda dianggap layak untuk berkendara di jalanan umum.

Ilustrasi ujian praktik untuk mendapatkan SIM truk, Sumber: otomotif.kompas.com
Ilustrasi ujian praktik untuk mendapatkan SIM truk, Sumber: otomotif.kompas.com

2. Bukti Registrasi dan Identitas

Surat Izin Mengemudi berfungsi sebagai bukti registrasi pengemudi kendaraan bermotor. Biasanya dalam sebuah SIM memuat informasi atau identitas lengkap pengemudi, seperti nama lengkap,alamat, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pekerjaan, jenis SIM yang dibuat, hingga masa berlaku SIM tersebut.

Nah, untuk fungsi SIM sebagai identitas sendiri memiliki fungsi yang sama dengan KTP. Anda bisa menggunakan SIM sebagai pengganti KTP untuk beberapa proses registrasi.

3. Data Pendukung

Fungsi terakhir dari surat izin mengemudi adalah sebagai data pendukung. Maksudnya adalah data pada registrasi pengemudi dapat digunakan untuk mendukung kegiatan penyelidikan, penyidikan, dan identifikasi forensik kepolisian jika dibutuhkan.

Nah, itulah beberapa jenis SIM yang harus dimiliki oleh pengendara truk, serta fungsi dari SIM yang dibuat. Dengan memiliki sebuah SIM, Anda dapat mengantisipasi “tilangan” yang sewaktu-waktu bisa dilakukan oleh pihak polisi. Karena jika Anda memiliki SIM, Anda bisa melakukan perjalanan dengan aman dan lancar. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Sebagai informasi tambahan, apabila Anda ingin menyewa sebuah truk, entah itu sewa pick up, sewa truk box, atau lainnya. Anda bisa menyewanya di Kabul Transport. Karena untuk penyewaan berbagai jenis truk, Kabul Transport adalah juaranya. Tidak percaya? Silahkan dibuktikan sendiri.

Butuh truk angkutan beserta driver berpengalaman?

Hubungi kami untuk konsultasi persewaan truk dan kendaraan angkutan lainnya.

Driver dari Kabultrans jelas berpengalaman. Kami siap membantu Anda!

Leave a Comment