Tips Belanja Barang Pecah Belah Agar Aman dan Terjangkau

Berbelanja adalah kegiatan transaksi yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian manusia. Berbelanja barang, khususnya produk yang mudah pecah memiliki tantangan tersendiri. Namun Anda tidak perlu panik, sebab tips belanja barang pecah belah agar aman dan terjangkau di bawah ini bisa menjawab tantangan tersebut.

Sekarang ini, kecenderungan atau mainstream belanja pada umumnya berlangsung secara online. Hal ini disebabkan oleh kemudahan kepraktisan yang ditawarkannya. Namun demikian, apapun mode transaksi yang Anda gunakan, jika Anda membeli barang pecah belah, maka pastikan Anda melakukan beberapa hal penting di bawah ini.

Tips Belanja Barang Pecah Belah

Barang pecah belah adalah barang yang terbuat dari material yang mudah rusak, memiliki tampilan fisik yang kaku dan jika terkena benturan sangat mudah pecah. Karena sangat rawan rusak, maka perlakuan khusus perlu Anda ketahui dan persiapkan. Apa saja itu? Simak paparan lengkapnya berikut ini.

Cari Penjual Terdekat

Tips belanja barang pecah belah yang aman dan terjangkau pertama adalah melihat di mana posisi penjual barang yang Anda incar. Upayakan sebisa mungkin toko yang menjual produk tersebut masih satu kota atau daerah dengan domisili Anda. Keuntungannya adalah Anda bisa mengirim barang tersebut lewat ojek online dengan lebih cepat, hemat dan selamat.

Pilih penjual terdekat, sumber: google.com
Pilih penjual terdekat, sumber: google.com

Pahami Kriteria Barang Pecah Belah

Ketika Anda ingin belanja dan mengirim barang pecah belah, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu kriteria barang tersebut. Hal tersebut berkenaan untuk kemudahan dalam proses packing yang aman agar proses distribusinya juga aman dan sampai dengan selamat.

Pilih Jenis Packing yang Cocok

Apabila Anda ingin membeli barang pecah belah, disarankan agar memilih kardus atau kotak yang ukurannya sesuai dengan ukuran barang. Menggunakan kardus dengan ukuran ekstra besar akan menyisakan banyak ruang yang bisa membuat barang mudah rusak dan biayanya pun “merusak” isi dompet Anda.

Sebab pada umumnya, bisnis pengiriman barang menggunakan dua mekanisme untuk menghitung biaya kirim. Yakni menghitung berat dan mengukur volumenya. Tentu saja, akan sangat menyebalkan jika ongkos kirim barang lebih mahal dari harga barang yang dikirim.

Agar lebih mudah untuk mendapatkan kardus dan kotak yang sama ukurannya dengan produk Anda, maka ukurlah area di sekitar barang yang akan Anda kirim. Mulai dari panjang sisi ke sisi, depan dan belakang serta tinggi barang.

Tampilan kardus, Jasa ekspedisi, sumber: google.com
Tampilan kardus, Jasa ekspedisi, sumber: google.com

Packing dengan Bahan Kardus

Pengepakan atau proses packing barang pecah belah yang biasanya adalah menggunakan material kardus dan pastikan ukuran kardus yang digunakan pas dengan produk yang dipacking. Artinya tidak terlalu kecil dan tidak terlampau besar.

Apabila masih ruang yang tidak terisi, maka bisa Anda isi dengan potongan kertas koran atau bahan yang bisa dipadatkan lainnya agar barang dalam kardus lebih aman dari risiko goncangan. Sehingga, bisa meminimalisir benturan saat diperjalanan, yang bisa membuat barang lecet bahkan rusak.

Bungkus dengan Styrofoam

Untuk melindungi barang, Anda bisa memanfaatkan Styrofoam sebagai pembungkus ekstra pada bagian luar paket agar lebih aman. Ada banyak pilihan jenis Styrofoam yang bisa Anda pilih untuk dikombinasikan dengan bahan packing supaya saat dikirim dengan ekspedisi bisa tetap terjaga.

Penggunaan Styrofoam ini disesuaikan dengan jenis barang pecah belah yang ingin Anda beli atau kirim. Jika barang pecah belah tersebut sangat rentan rusak, maka Anda disarankan menggunakan jenis yang terbaik atau melapisinya beberapa kali lapisan.

Lapisi dengan Bubble Wrap

Apabila barang yang Anda sukai hanya ada pada toko di luar kota, Anda bisa meminta pihak penjual untuk membungkusnya dengan ekstra bubble wrap. Tidak mengapa jika harus mengeluarkan biaya tambahan, yang terpenting barang Anda tetap utuh dan selamat hingga sampai di tangan Anda.

Tampilan bubble wrap, sumber: google.com
Tampilan bubble wrap, sumber: google.com

Gunakan Packing Kayu

Selain melindunginya dengan bubble wrap dan Styrofoam, Anda juga bisa saja merekomendasikan pada pihak toko atau penjual untuk membungkus barang belanjaan Anda dengan packing kayu.

Dengan kombinasi bubble wrap dengan packing kayu, barang mudah pecah belanjaan Anda akan terjamin sampai dengan selamat. Sama halnya dengan dubble wrap, biaya untuk packing kayu ini memang relatif merogoh budget Anda.

Segel dengan Rapat

Sebelum penjual mengirim barang belanjaan Anda, pastikan segelnya sudah rapat dan rapi. Tujuannya adalah agar meminimalisir risiko segel lepas dan barang didalamnya jatuh. Selain itu, pastikan juga tidak ada bagian packing yang berlubang atau belum diisolasi dengan benar.

Perjelas Alamat Tujuan

Setelah pengemasan selesai, jangan lupa pastikan sudah tercantum alamat Anda pada paket tersebut dan pastikan alamat Anda ditempelkan pada bagian luar paket bersebelahan dengan stiker fragile. Hal tersebut memudahkan proses pengantaran barang oleh kurir ke tempat Anda.

Minta Dipasangkan Stiker

Penjual yang profesional pasti akan menempelkan stiker fragile atau awas pecah pada paket yang berisi barang pecah belah. Mintalah pihak penjual memasang stiker dengan ukuran yang cukup besar dengan warna mencolok. Jadi, kurir paket pun akan lebih berhati-hati saat membawa barang pesanan Anda.

Gunakan Ekspedisi yang Berpengalaman

Selanjutnya, Anda perhatikan juga ekspedisi yang hendak digunakan. Terkadang harga yang ditawarkan oleh jasa ekspedisi sangat menggoda, namun kualitas yang didapatkan seringkali membuat Anda kecewa. Hasil akhirnya, barang yang Anda beli sampai di tangan Anda dalam kondisi sudah rusak.

Jasa ekspedisi, sumber: google.com
Jasa ekspedisi, sumber: google.com

Perhatikan Biaya Pengiriman

Tips belanja barang pecah belah yang aman dan terjangkau terakhir adalah memperhatikan biaya kirim barang. Karena risikonya besar, maka ongkir dari barang pecah belah cenderung lebih mahal dibandingkan barang padat lainnya.

Sebagaimana yang telah dipaparkan di atas, barang yang dibungkus atau di packing dengan kardus mempunyai dimensi yang berbeda dengan packing menggunakan peti kayu. Selain berat, dimensi barang juga mempengaruhi ongkirnya. Jadi, sekali lagi jangan takut untuk mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan proteksi yang lebih maksimal.

Jika Anda ingin memangkas biaya pengiriman barang pecah belah pesanan Anda, khususnya jika jumlah pembelian Anda besar, maka bisa menggunakan jasa sewa truk box dengan keamanan yang lebih terjaga karena setiap bagian yang tertutup. Lebih dari itu, harganya pun bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah barang yang Anda pesan.

Demikianlah ulasan singkat dari kami pada artikel segmen dengan tema tips belanja barang pecah belah agar aman dan terjangkau kali ini. Apabila Anda membutuhkan perusahaan ekspedisi terbaik dengan harga terjangkau, maka pilihan terbaik yang bisa Anda coba adalah mempercayakannya pada perusahaan Kabul Transport.

Kabul Transport mempunyai sistem yang membantu kecepatan dan ketepatan dalam pengiriman barang. Dengan menggunakan jasa kami, Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri dibandingkan menggunakan jasa lainnya. Jika Anda penasaran, buktikan sendiri dengan menghubungi dan berkonsultasi dengan pihak kami segera.

Leave a Comment