Mengenal Ukuran Standar Bak Truk Beserta Kapasitasnya

Truk merupakan tulang punggung industri transportasi dan logistik, memainkan peran penting dalam pengiriman barang dan materi di seluruh dunia. Salah satu elemen kunci dari truk adalah baknya, yang merupakan ruang kargo tempat barang diangkut. Artikel ini akan membahas mengenai ukuran standar bak truk beserta kapasitasnya untuk Anda ketahui.

Bak truk adalah komponen utama pada kendaraan pengangkut barang yang berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk mengangkut barang. Mengetahui ukuran bak truk sangat penting agar dapat menentukan kemampuan daya angkut serta efisiensi dalam pengangkutan barang.

Ukuran Standar Bak Truk

Ukuran standar bak truk, Sumber: teras7.com
Ukuran standar bak truk, Sumber: teras7.com

Ukurannya dapat bervariasi tergantung pada jenis truk, wilayah geografis, dan peraturan setempat. Untuk itu, penting halnya untuk mengenal ukuran standar beserta kapasitasnya agar dapat memilih bak truk yang sesuai dengan kebutuhan. 

Namun, terdapat beberapa ukuran yang umumnya digunakan di berbagai wilayah di dunia. Mulai dari merek truk Eropa, merek truk Amerika, merek truk China, dan lainnya berbeda beda ukurannya. Nah, berikut ini akan kami uraikan penjelasan lebih detail mengenai ukuran bak truk.

1. Bak Truk Tipe Fuso

Bak truk tipe fuso adalah salah satu jenis bak truk yang umum digunakan di Indonesia. Ukuran standar bak truk fuso biasanya memiliki panjang 4 hingga 7 meter, lebar sekitar 2 hingga 2,5 meter, dan tinggi sekitar 1,8 hingga 2,4 meter. Kapasitasnya berkisar antara 3 hingga 10 ton tergantung dari ukuran dan kekuatan mesin truk.

2. Bak Truk Tipe Wing Box

Bak truk tipe wing box digunakan untuk pengangkutan barang yang membutuhkan perlindungan ekstra terhadap cuaca atau keamanan. Ukuran bak truknya memiliki panjang 4 hingga 9 meter, lebar 2 hingga 2,6 meter, dan tinggi 2 hingga 3 meter. Kapasitas bak truk ini antara 3 hingga 20 ton tergantung ukuran dan kekuatan.

3. Bak Truk Tipe CDD (Colt Diesel Double)

Bak truk tipe CDD juga sering digunakan sebagai kendaraan pengangkut barang. Bak truk ini memiliki ukuran standar dengan panjang sekitar 3 hingga 6 meter, lebar sekitar 1,8 hingga 2,2 meter, dan tinggi sekitar 1,5 hingga 2 meter. Kapasitas tipe CDD berkisar antara 1 hingga 5 ton tergantung dari ukuran dan kekuatan truk.

4. Bak Truk Tipe Box

Bak truk tipe box juga populer digunakan sebagai kendaraan pengangkut barang. Ukuran standar bak truk box biasanya memiliki panjang sekitar 3 hingga 9 meter, lebar sekitar 2 hingga 2,6 meter, dan tinggi sekitar 2 hingga 3 meter. Kapasitas tipe ini berkisar antara 2 hingga 15 ton tergantung dari ukuran dan kekuatan truk.

Pemilihan ukuran dan kapasitas yang tepat sangat penting untuk memastikan pengangkutan barang dapat dilakukan dengan aman dan efisien. Penting juga untuk memperhatikan regulasi dan batasan muatan yang berlaku di wilayah tempat operasional truk tersebut. 

Pastikan untuk memeriksa juga kelengkapan bak truk seperti sistem pencegah kebocoran, penahan muatan, serta pintu dan pengunci yang baik. Dengan mengetahui ukuran standar dan kapasitasnya, kita dapat melakukan pengangkutan barang dengan lebih efektif dan efisien. 

Pilihlah bak truk yang sesuai dengan kebutuhan dan pastikan bak truk tersebut dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai.

Kapasitas Bak Truk

Kapasitas bak truk, Sumber: yosualogistik.co.id
Kapasitas bak truk, Sumber: yosualogistik.co.id

Kapasitas bak truk merujuk pada berat maksimum yang dapat diangkut oleh truk tersebut. Kapasitas ini dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut, yaitu:

1. Konfigurasi Sumbu

Jumlah sumbu truk, seperti 2 sumbu (4 roda) atau 3 sumbu (6 roda), mempengaruhi kapasitas bak. Truk dengan lebih banyak sumbu umumnya memiliki kapasitas lebih besar.

2. Distribusi Berat

Distribusi berat di seluruh truk dan sumbunya penting agar truk tetap stabil saat dikemudikan. Sejumlah regulasi mengatur berapa banyak berat yang dapat didistribusikan pada setiap sumbu.

3. Kekuatan Mesin

Kekuatan mesin dan sistem penggerak truk juga berdampak pada kemampuan truk untuk mengangkut beban yang berat.

Memahami ukuran standar bak truk dan kapasitasnya sangat penting dalam merencanakan pengiriman barang yang efisien dan aman. Melebihi kapasitas bak truk dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan, mengancam keamanan pengemudi dan pengguna jalan lainnya, serta melanggar peraturan lalu lintas.  

Selain itu, perhatikan juga kondisi dan keamanan bak truk seperti sistem pencegah kebocoran, penahan muatan, serta pintu dan pengunci yang baik. Semua hal ini akan memastikan barang dapat dikirim dengan aman dan terhindar dari kerusakan. 

Dalam memilih bak truk, pastikan untuk berkonsultasi dengan pihak yang berpengalaman dalam bidang logistik dan transportasi. Mereka dapat memberikan saran dan rekomendasi terbaik sesuai dengan kebutuhan pengiriman barang Anda. Anda juga bisa sewa truk box untuk pilihan yang lebih praktis di Kabul Trans.

Sewa Truk Box di Kabul Trans, Sumber: kabultrans.com
Sewa Truk Box di Kabul Trans, Sumber: kabultrans.com

Memilih ukuran yang tepat dapat mempengaruhi efisiensi operasional, biaya, dan keamanan transportasi. Dengan mempertimbangkan jenis kargo, rute, regulasi, dan faktor-faktor lainnya, pemilik truk dan pengemudi dapat membuat keputusan yang cerdas untuk memaksimalkan manfaat dari setiap perjalanan.

Dengan mengetahui ukuran dan spesifikasi bak truk, Anda akan dapat mengoptimalkan pengangkutan barang secara efisien. Pastikan untuk melakukan evaluasi secara berkala agar dapat terus meningkatkan efisiensi dan keselamatan dalam operasional pengiriman barang. 

Demikian informasi mengenai ukuran standar bak truk yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengenal lebih dalam mengenai ukuran standar bak truk beserta kapasitasnya. Pantengin terus informasi menarik lainnya di halaman lain artikel kami.

Leave a Comment