Semakin Canggih, Berapa Harga Truk Listrik yang Ada Dipasaran?

Dalam beberapa dekade terakhir ini kesadaran akan perlunya mengurangi emisi gas rumah kaca dan memperbaiki kualitas udara telah meningkat secara signifikan di seluruh dunia. Salah satu sektor yang menjadi fokus dalam upaya ini adalah industri transportasi terutama truk pengangkut barang. Lantas berapa harga truk listrik yang ada di pasaran? 

Truk pengangkut barang merupakan mode transportasi yang sering menggunakan bahan bakar fosil dan menghasilkan emisi tinggi. Namun berkat munculnya truk listrik ini Anda bisa melihat masa depan yang lebih cerah untuk alat transportasi barang ramah lingkungan. Berikut merupakan penjelasan seputar kelebihan dan kekurangan truk listrik beserta harganya. 

Kelebihan yang Dimiliki Truk Listrik di Indonesia

Truk listrik di Indonesia, Sumber: kompas.com
Truk listrik di Indonesia, Sumber: kompas.com

Sebelum mencari tahu lebih lanjut tentang harga truk listrik penting bagi Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari moda transportasi ini. Truk listrik mampu memberikan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan lingkungan yang dihadapi industri transportasi. 

Dengan nol emisi gas rumah kaca, truk listrik memberikan kontribusi lebih rendah terhadap polusi udara, efisiensi energi, biaya operasional, dan potensi pengurangan energi terbarukan. Meski harga truk listrik tergolong mahal, namun alat transportasi ini menawarkan banyak keuntungan yang signifikan, ini dia kelebihan dari truk listrik. 

1. Nol Emisi Gas Rumah Kaca

Salah satu keuntungan utama dari truk listrik adalah tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca selama proses operasionalnya. Jenis mobil angkut konvensional biasanya menggunakan bahan bakar fosil seperti bensin atau diesel. 

Bahan bakar semacam ini juga ikut berkontribusi terhadap perubahan iklim. Jadi dengan beralih menggunakan truk listrik, Anda bisa mengurangi dampak negatif dari penggunaan bahan bakar fosil tersebut.

2. Kualitas Udara Menjadi Lebih Baik

Bukan hanya mengurangi emisi gas rumah kaca saja, namun truk listrik juga membantu meningkatkan kualitas udara di sekitarnya. Kendaraan pengangkut barang konvensional seringkali menghasilkan polusi udara yang mengandung partikel berbahaya dan zat kimia beracun. 

Dalam jangka panjang, polusi udara bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius bagi manusia. Jadi dengan menggunakan truk listrik yang tidak menghasilkan emisi, maka Anda bisa mengurangi polusi udara dan menciptakan lingkungan lebih sehat. 

3. Efisiensi Energi Menjadi Lebih Tinggi

Truk listrik lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan dengan truk konvensional. Hal ini disebabkan karena penggunaan mesin listrik yang memiliki tingkat efisiensi lebih tinggi dibandingkan dengan mesin pembakaran dalam truk konvensional. 

Secara tidak langsung, truk listrik bisa menempuh perjalanan jauh dengan jumlah energi yang sama atau bahkan lebih sedikit. Meski harga truk listrik tergolong mahal, namun alat transportasi ini dapat mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya energi terbatas dan membantu mengurangi biaya operasional dalam jangka panjang. 

4. Biaya Operasional Jauh Lebih Rendah

Meski biaya awal yang perlu dikeluarkan untuk membeli truk listrik terbilang tinggi, namun dalam jangka panjang alat transportasi ini akan menghasilkan biaya operasional lebih rendah. Biaya pengisian daya baterai listrik biasanya jauh lebih murah dibanding pembelian bahan bakar fosil. Terutama untuk meningkatkan penetrasi energi terbarukan

Bukan hanya itu saja, truk listrik juga memiliki jumlah suku cadang yang jauh lebih sedikit dan membutuhkan biaya perawatan yang sedikit pula. Secara tidak langsung, hal ini juga akan ikut mengurangi biaya pemeliharaan dalam jangka panjang. 

Kekurangan Truk Listrik yang Perlu Dipertimbangkan

Kekurangan truk listrik dalam tahap pengisian baterai, Sumber: cintamobil.com
Kekurangan truk listrik dalam tahap pengisian baterai, Sumber: cintamobil.com

Meski memiliki banyak sekali kelebihan yang signifikan, namun ternyata alat transportasi ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Kelemahan dari truk listrik sendiri sebenarnya belum terlihat jelas. Namun secara garis besar, berikut merupakan beberapa kekurangan dari truk listrik. 

1. Jarak Tempuh Terbatas

Kelebihan pertama dari truk listrik adalah memiliki jarak tempuh yang terbatas jika dibandingkan dengan truk konvensional yang memiliki jarak tempuh lebih jauh. Hal semacam ini bisa menjadi masalah di kemudian hari. Bahkan proses pengisian dayanya juga akan memakan waktu yang cukup lama. 

2. Komponen Baterai Sangat Mahal

Kekurangan truk listrik Mitsubishi dan berbagai macam truk listrik lainnya adalah komponen baterai terbilang cukup mahal. Baterai bisa menjadi masalah tersendiri. Terlebih lagi baterai pada truk listrik cenderung berbeda dengan mobil listrik. Jadi akan membutuhkan waktu dan biaya lebih mahal untuk proses penggantian baterai dengan yang baru.

3. Proses Pengisian Baterai Tergolong Lama

Sudah barang tentu proses charging baterai pada truk listrik akan memakan waktu yang lama. Namun pada dasarnya, lamanya proses pengisian tersebut bergantung pada kapasitas baterai dari truk listrik itu sendiri. 

4. SPKLU Khusus Truk Listrik Belum Ada

Selain beberapa hal di atas, kekurangan dari truk listrik selanjutnya adalah sistem pengisian baterai masih terbatas. Jadi akan membutuhkan waktu lama untuk bisa mencari SPKLU yang sesuai dengan kebutuhan truk itu sendiri. 

5. Bobot Tergolong Berat

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwasanya baterai pada truk listrik memiliki bobot yang relatif lebih berat jika dibandingkan dengan tangki bahan bakar pada kendaraan konvensional. Secara tidak langsung, hal ini akan mempengaruhi kapasitas muatan truk listrik dan butuh pengaturan lebih ekstra ketika pengoperasiannya. 

Berapa Harga Truk Listrik di Pasaran? 

Harga truk listrik, Sumber: kompas.com
Harga truk listrik, Sumber: kompas.com

Pada dasarnya harga truk listrik terbilang cukup bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Perbedaan harga juga bergantung pada kapasitas baterai yang digunakan dalam truk listrik itu sendiri dan berbagai fitur atau opsi tambahan yang ditawarkan. 

Meski harga dari truk listrik masih terbilang tinggi jika dibandingkan dengan truk konvensional, namun ada beberapa keuntungan jangka panjang yang patut untuk diperhitungkan. Sebab jenis kendaraan ini memiliki biaya operasional yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar fosil. 

Meski saat ini harga dari truk listrik jauh lebih tinggi dari truk konvensional, namun perkembangan teknologi serta peningkatan adopsi dapat mengarah pada penurunan harga di masa depan. Truk listrik bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin memanfaatkan jangka panjang demi mengurangi biaya operasional.

Itu dia kelebihan dan kekurangan dari truk listrik. Meski harga truk listrik mahal, namun ada beberapa faktor penting yang membuatnya tetap unggul dibanding truk konvensional. Saat ini Anda juga bisa sewa truk box dengan pilihan yang beragam hanya di Kabul Trans. Kabul Trans, pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menyewa mobil pengangkut barang.

Leave a Comment