Jenis Mobil Angkut yang Bisa Disewa, Jangan Salah Pilih!

Apakah Anda sedang mencari jasa angkut karena hendak pindahan? Memang, saat ini, ada cukup banyak layanan jasa angkut yang tersedia dan akan memudahkan Anda membawa berbagai barang saat pindahan. Tidak jarang, jasa angkut tersebut menawarkan banyak jenis mobil angkut dengan kapasitas yang berbeda.

Adanya banyak jenis mobil yang disediakan bisa dijadikan pertimbangan sebelum memilih. Dalam hal ini, Anda bisa memilih mobil angkut dengan kapasitas yang tepat. Selain agar memudahkan pemindahan, Anda juga akan terhindar dari kesalahan memilih mobil angkut yang terlalu besar dan terlalu mahal.

mobil angkut, efektif untuk memudahkan pindahan. sumber: istockphoto.com
mobil angkut, efektif untuk memudahkan pindahan. sumber: istockphoto.com

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beragam mobil yang biasa digunakan sebagai armada angkut untuk pindahan. Tidak hanya mobil truk saja, Anda juga bisa menemukan pilihan lainnya!

Jenis Mobil Angkut Terbaik Untuk Disewa

Seperti yang disinggung sebelumnya, ada cukup banyak mobil yang dijadikan armada angkut saat ini. Nah, untuk preferensi memilih jenis mobil yang tepat untuk mengangkut barang pindahan, berikut beberapa jenis mobil yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Daihatsu Granmax Pick Up

Mobil ini merupakan salah satu mobil yang bisa diandalkan untuk mengangkut barang. Meskipun tidak terlalu besar, mobil ini bisa dikatakan memiliki ukuran yang ideal.
Daihatsu Granmax Pick Up memiliki dimensi panjang bak sekitar 2.350 mm, lebar 1.585mm dan tinggi 300-360 mm sehingga memiliki kapasitas angkut yang lumayan besar.

Dengan ukuran tersebut, tidak jarang mobil ini sering digunakan sebagai mobil angkut pasir. Terlebih, untuk keperluan konstruksi.

2. Suzuki Carry

Selanjutnya adalah Suzuki Carry. Mobil ini merupakan kendaraan niaga yang cukup legendari di Indonesia. Mobil pick up ini telah berevolusi semakin modern dengan generasi terbarunya.

Mobil Carry memiliki dimensi yang cukup besar dan memiliki dua pilihan varian yaitu flat deck dan wide deck. Oleh karena itu, mobil ini sangat nyaman digunakan sebagai mobil pengangkut barang.

3. Tata Super Ace

Mobil ini merupakan mobil terbaik asal India. Meskipun kurang terkenal, mobil ini tidak kalah menarik dengan merk mobil lainnya. Dengan kapasitas mesin hanya 1.405 cc diesel, performa mobil ini mampu melewati Mitsubishi L300.

Tata Super Ace, memiliki kapasitas cukup besar untuk angkutan barang. sumber: istockphoto.com
Tata Super Ace, memiliki kapasitas cukup besar untuk angkutan barang. sumber: cintamobil.com

Kapasitas bak mobil juga cukup luas dengan panjang 2.690 mm, lebar 1.512 mm dan tinggi 430 mm yang tentu bisa mengangkat barang apapun dengan mudah. Anda yang ingin pindahan pun nantinya akan sangat terbantu.

4. Mitsubishi L300

Kendaraan pengangkut satu ini bisa dikatakan cukup legendaris dan sudah ada sejak tahun 80an. Dengan mesin diesel 2.500 cc, performa mobil cukup handal dan bisa mengangkut barang besar. Selain itu, mobil ini juga mampu melewati berbagai medan jalan sehingga sangat baik digunakan sebagai mobil angkut barang.

Jenis-jenis mobil di atas memang mobil yang biasa digunakan sebagai kendaraan pengangkut. Jika Anda membutuhkan mobil dengan kapasitas besar, truk fuso juga bisa menjadi alternatif bagi Anda. Namun, jika Anda yang ingin menyewa kendaraan pengangkut, Anda bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini sebelum memilih.

5. Colt Diesel Engkel

Mobil ini memiliki ukuran yang cukup besar. Dengan kata lain, mobil ini bisa menjadi solusi Anda yang ingin mengangkut lebih banyak barang. Kendaraan ini juga memiliki 2 sumbu roda terbaik di bagian 2 roda depan dan 2 roda belakang. Kapasitas mobil ini yaitu mencapai 5 Ton.

Di Indonesia, kendaraan ini sering digunakan untuk membawa barang besar dan sering disebut truk engkel. Mobil ini juga bisa disebut sebagai mobil angkut batu karena kerap kali digunakan untuk mengangkut batu dalam jumlah yang banyak.

6. Trinton

Jika Anda asing dengan nama mobil ini, sebenarnya mobil ini sejenis dengan tronton. Trinton ini dibuat dengan kapasitas muatan mencapai 30 ton. Selain itu, mobil ini memiliki 4 sumbu roda. Sumbu tersebut dibagi menjadi dua yaitu 2 sumbu roda di bagian depan dan bisa digerakkan ketika membelok dengan mekanisme FWS.

Adapun pada 2 sumbu roda di bagian belakang letaknya hampir berdekatan. Jika dilihat dari jumlah roda, truk ini bisa memiliki jumlah roda hingga 12 buah.

7. Trailer

Jenis kendaraan angkut selanjutnya adalah trailer. Mobil jenis ini biasanya ditemukan di pabrik-pabrik kelas atas yang bisa mengirim barang mencapai 20 hingga 60 ton. Mobil ini sendiri dibedakan menjadi dua jenis yang dilihat dari jumlah sumbu dan ketinggiannya. Pada trailer 20 feet, mobil ini memiliki 4 hingga 5 sumbu.

memiliki kapasitas hingga 60 ton, trailer sering digunakan di pabrik besar. sumber: wikimedia.org
memiliki kapasitas hingga 60 ton, trailer sering digunakan di pabrik besar. sumber: wikimedia.org

Adapun trailer yang memiliki ukuran 40 feet maka memiliki 6 sumbu roda. Bahkan, ban pada mobil ini memiliki jumlah yang cukup banyak. Karena ukuran ketinggiannya, trailer ini bisa memiliki roda hingga 16 sampai 24 buah.

8. Tronton

Kendaraan satu ini juga termasuk jenis kendaraan angkut besar. Jenis tronton bisa menampung muatan lebih dari 10 ton. Bahkan, pada jenis tertentu juga bisa mencapai 20 ton atau lebih. Kendaraan ini memiliki 3 sumbu roda yang terbagi 1 sumbu roda bagian depan dan 2 sumbu pada roda bagian belakang.

Jika dilihat dari ukurannya, kendaraan ini juga memiliki banyak roda. Tronton memiliki roda berjumlah 10 buah yaitu 2 di bagian depan dan 8 di bagian belakang. Hal ini untuk memudahkan kendaraan ketika membawa beban angkut.

Demikian beberapa ulasan tentang mobil angkut yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih armada angkut yang tepat. Nah, jika Anda ingin menyewa mobil untuk keperluan pindahan, kami menyediakan layanan sewa truk box yang terpercaya. Tentu, kami selalu siap membantu Anda pindahan kapan saja!

Kabultrans menyediakan berbagai kendaraan angkut untuk disewa !

Hubungi kami untuk konsultasi persewaan truk dan kendaraan angkutan lainnya.

Pilih sesuai kebutuhan, dan Kami siap membantu Anda!

Leave a Comment