9 Cara Tepat Membersihkan Rumah Baru Sebelum Dihuni, Penting untuk Diperhatikan

Cara membersihkan rumah baru merupakan hal mendasar yang harus diketahui oleh setiap orang yang akan pindah rumah. Rumah yang baru saja selesai dibuat atau bekas dipakai orang tentu banyak debu, kotoran dan barang-barang yang perlu dibersihkan.

Tujuan membersihkan rumah baru sebelum ditempati adalah untuk menjaga kesehatan para penghuninya. Karena seperti yang kita tahu, debu dan kotoran bisa menjadi sumber berbagai macam penyakit.

Pindah ke rumah baru, Sumber: probuilder.com
Pindah ke rumah baru, Sumber: probuilder.com

Bagaimana Cara Membersihkan Rumah Baru?

Pindah rumah memang cukup merepotkan karena ada banyak sekali barang-barang yang perlu dibawa. Selain itu Anda juga perlu membersihkan rumah sebelum ditempati. Namun Anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali tips pindahan rumah di internet.

Anda bisa menggunakan tips-tips yang ada untuk memudahkan pekerjaan. Salah satu yang paling bermanfaat yaitu cara membersihkan rumah baru secara tepat. Berikut ini adalah tips membersihkan rumah baru agar lebih nyaman ketika ditempati.

1. Mulai dari Bagian yang Lebih Tinggi

Ketika ingin membersihkan rumah baru mulailah dari bagian yang lebih tinggi. Contohnya adalah plafon dan tembok. Bagian ini biasanya sering dipenuhi dengan sarang laba-laba atau debu yang menggumpal.

Anda perlu membersihkan bagian atas terlebih dahulu agar tidak perlu khawatir mengotori bagian bawah karena memang belum dibersihkan. Setelah bagian atas bersih barulah bisa melanjutkan ke bagian di bawahnya seperti pintu, jendela, dan lantai.

2. Membuka Semua Jendela

Ketika membersihkan rumah baru, pastikan bahwa Anda membuka semua jendela agar sirkulasi udara menjadi lancar. Sirkulasi udara yang lancar akan membantu menghilangkan bau, uap, dan partikel debu yang terperangkap di dalam ruangan. 

Selain itu, udara segar dari luar juga dapat membantu mengeringkan permukaan yang dibersihkan dengan lebih cepat. Serta mampu mencegah pertumbuhan jamur dan membuat orang yang ada di dalamnya terhindar dari rasa pengap.

Membersihkan jendela rumah, Sumber: lighthousewindows.ca
Membersihkan jendela rumah, Sumber: lighthousewindows.ca

3. Menggunakan Pembersih yang Sesuai

Gunakan pembersih yang sesuai untuk setiap jenis elemen yang ada saat membersihkan rumah baru. Tujuannya untuk efektivitas dan mencegah kerusakan. Gunakan pembersih kaca khusus untuk membersihkan kaca agar tidak meninggalkan noda atau coretan. 

Untuk lantai, pilih pembersih yang dirancang khusus untuk jenis lantai yang dimiliki. Gunakan pembersih khusus keramik untuk lantai keramik dan pembersih kayu untuk lantai kayu, dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan untuk memperhatikan instruksi penggunaan yang tertera pada label. 

4. Membersihkan Bagian Dapur

Cara membersihkan rumah baru yaitu dengan memprioritaskan bagian dapur. Dapur adalah bagian rumah yang sering digunakan dan mungkin masih terdapat furniture dari pemilik sebelumnya yang perlu dibersihkan, seperti kitchen set dan wastafel. 

Gunakan kemoceng untuk membersihkan debu dan kotoran dari furniture tersebut. Setelah itu, lakukan pembersihan lebih lanjut dengan sabun atau cairan pembersih untuk menghilangkan debu yang lebih halus dan tidak bisa diangkat dengan kemoceng.

5. Bersihkan Kamar Mandi

Setelah dapur, bagian yang perlu dibersihkan di awal yaitu kamar mandi. Anda harus membersihkan semua komponen yang ada di kamar mandi termasuk toilet, bak mandi atau bathtub, wastafel, shower, dan kaca. 

Periksa juga pintu kamar mandi, jika terjadi kerusakan atau hampir rusak sebaiknya segera diganti. Hal ini perlu dilakukan agar kamar mandi menjadi lebih rapi dan nyaman digunakan ketika rumah sudah akan ditempati.

Membersihkan area kamar mandi, Sumber: oldfashionedbathrooms.co.uk
Membersihkan area kamar mandi, Sumber: oldfashionedbathrooms.co.uk

6. Menggunakan Vacum Cleaner

Cara tercepat dan efisien untuk membersihkan debu di rumah baru adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Alat ini sangat efektif dalam menghilangkan sisa-sisa debu dan kotoran yang menempel di setiap sudut rumah. 

Penggunaan vacuum cleaner lebih efektif daripada menyapu lantai, terutama untuk rumah yang luas. Selain menghemat waktu, vacuum cleaner juga berfungsi untuk memastikan bahwa semua debu di rumah tersebut tersedot secara maksimal.

7. Semprot Pewangi Ruangan

Jangan lupa untuk menggunakan pewangi ruangan saat membersihkan rumah baru. Biasanya rumah yang sudah lama tidak ditempati memiliki aroma yang kurang sedap. Sehingga Anda perlu  menggunakan pewangi ruangan yang sesuai. 

Ruangan yang wangi akan membuat penghuninya merasa nyaman saat berada di dalam rumah. Dalam hal ini, dapat menggunakan pewangi ruangan dalam bentuk spray atau pewangi gantung yang dapat diletakkan di AC.

8. Membersihkan Bagian Lantai

Cara membersihkan rumah baru pada bagian lantai harus dilakukan paling akhir. Pembersihan lantai dilakukan paling akhir karena beberapa alasan. Lantai adalah area yang paling banyak terpapar oleh kotoran dan debu yang jatuh dari langit-langit atau area lain.

Kedua, membersihkan lantai paling akhir memungkinkan Anda untuk mengakses area yang lebih tinggi seperti meja, lemari, atau perabotan lainnya tanpa harus khawatir membuat lantai menjadi kotor lagi.

Membersihkan lantai rumah, Sumber: nextdaycleaning.com
Membersihkan lantai rumah, Sumber: nextdaycleaning.com

9. Membuang Sampah dan Barang yang Tidak Terpakai

Terakhir buang sampah ke tempat pembuangan dan sumbangkan barang-barang yang masih layak pakai kepada yang membutuhkan. Selain itu, pertimbangkan untuk menyusun ulang perabotan agar ruang terlihat lebih rapi.

Jangan lupa gunakan tempat penyimpanan tambahan jika diperlukan, seperti rak atau kotak penyimpanan. Meletakkan barang di dalam tempat penyimpanan khusus akan membuat ruangan di dalam rumah akan lebih terorganisir dan terlihat lebih rapi.

Itulah 9 cara membersihkan rumah baru yang perlu diperhatikan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas rumah akan menjadi bersih, rapi, dan wangi sehingga nyaman dihuni. Jangan lupa pindahkan juga barang-barang dari rumah lama yang masih diperlukan.

Dengan begitu Anda bisa menghemat uang karena tidak perlu membeli barang baru. Untuk proses pengangkutan barang-barang dari rumah lama menuju rumah baru bisa dipercayakan pada Kabul Transport.

Kami merupakan perusahaan penyedia jasa sewa truk box Surabaya yang siap membantu Anda pindahan rumah, kos, kantor atau lainnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan dan biaya jasa bisa berkonsultasi dengan admin melalui kontak yang tersedia.

Leave a Comment