Tips Pindah Rumah Anti Ribet Untuk Pengantin Baru

Apa sih yang Anda pikirkan setelah menikah? Dari berderet pilihan, hidup mandiri menjadi satu list paling menonjol. Namun saat memutuskan berumah sendiri, perlu kesiapan matang terutama di momen pindahan. Untuk memudahkan proses tersebut, Anda perlu tahu tips pindah rumah yang efektif terutama bagi pengantin baru.

Sebagai keluarga baru, rumah adalah kebutuhan penting. Meskipun bisa tinggal bersama orang tua, berumah sendiri akan lebih menjaga keharmonisan. Pasalnya selain rahasia keluarga dapat terjaga, apapun yang dilakukan bersama pasangan serasa lebih seru.

pindah rumah bagi pengantin baru, upaya hidup mandiri. sumber: bhg.com
pindah rumah bagi pengantin baru, upaya hidup mandiri. sumber: bhg.com

Tidak peduli pindahan rumah bertujuan ke kontrakan maupun kos-kosan. Hidup mandiri lebih menjamin kebahagiaan. Meskipun harus diawali dengan beratnya perjuangan sebagai pengantin baru.

Tantangan Pindah Rumah

Saat menjadi impian, segala hal terkait pernikahan begitu indah. Meskipun demikian, pepatah mengatakan semakin berat perjuangan semakin manis hasil yang didapatkan. Tampaknya pepatah tersebut juga berlaku pada impian pernikahan.

Rumah sebagai komponen mewujudkan impian, berbalut tantangan yang tidak mudah. Apalagi jika pengantin baru belum memiliki pemahaman yang cukup terkait kebutuhannya. Bisa jadi apa yang sudah dimiliki semakin merepotkan momen pindahan.

Terlebih jika saat menikah kerabat dan handai taulan memberikan banyak kado perabotan. Saat proses pindah rumah, bisa jadi membutuhkan jenis mobil angkut yang berkapasitas besar. Sebagai pengantin baru hal tersebut akan merepotkan, khususnya dalam segi pengeluaran dana.

Dengan demikian tips pindah rumah sangat diperlukan agar tidak ribet saat pindahan. Pada kenyataannya berpindah tempat tinggal tidak semudah yang dibayangkan. Adanya barang bawaan menjadikan tantangan tersendiri.

Selain itu jika orang tua atau mertua adalah sosok yang protektif. Bisa jadi untuk berpindah tempat tinggal membutuhkan alasan yang tidak sekedar logis. Selain karena rasa sayang, apa yang mereka lakukan sebenarnya adalah wujud kekhawatiran.

Tips Pindah Rumah Efektif Untuk Diketahui

Bagi Anda pengantin baru atau siapapun yang belum memiliki gambaran melakukan pindahan anti ribet, berikut adalah beberapa cara yang bisa dijadikan pertimbangan:

1. Pengelompokan Barang

Sebaiknya barang yang akan dibawa pindahan telah dikelompokan terlebih dahulu. Bisa menurut fungsi maupun jenisnya. Dengan demikian packing pindahan rumah akan lebih tertata dan mudah ditandai. Serta memudahkan dalam pembagian packing barang besar dan barang kecil.

saat pindah rumah, penting untuk mengelompokkan barang. sumber: istockphoto.com
saat pindah rumah, penting untuk mengelompokkan barang. sumber: istockphoto.com

Pengelompokan barang seperti pakaian, elektronik dan lain sebagainya selain memudahkan juga akan menjaga dari kerusakan. Bisa dibayangkan bukan bagaimana jika pakaian tercampur dengan alat dapur atau perlengkapan kitchen set, tentu akan rusak dan kotor.

Saat mengumpulkan barang dalam kelompok, tidak perlu membeli tempat baru. Barang-barang bekas seperti kardus dapat dimanfaatkan kembali. Dengan demikian akan meminimalisir pengeluaran.

2. Tandai Tempat

Jangan lupa untuk memberikan tanda pada masing-masing tempat yang digunakan. Tidak memberi tanda pada masing-masing tempat adalah sebuah kesalahan. Dengan tanda tersebut selain memudahkan, juga untuk meletakkan barang agar tidak terjadi kerusakan.

Dalam proses pindahan tentu barang akan diangkut menggunakan kendaraan. Menumpuk barang berat di atas barang ringan tentu akan merusaknya. Anda tidak mau hal ini terjadi bukan ?

3. Perhitungan Volume

Setelah semua selesai masuk dalam kardus, langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan. Memilih kardus sebagai tempat juga akan membantu dalam proses ini.

Maksud dari menghitung jumlah volume barang berguna untuk menentukan jenis transportasi. Jika barang hanya sedikit, tentu tidak perlu menyewa kendaraan. Cukup dengan motor atau mobil yang dimiliki. Namun ketika volume barang terlampau banyak, menyewa kendaraan adalah pilihan yang tepat.

jangan lupa memperhitungkan volume barang saat hendak pindah rumah. sumber: thespruce.com
jangan lupa memperhitungkan volume barang saat hendak pindah rumah. sumber: thespruce.com

4. Mengikat Barang

Selain itu ada baiknya ketika di kendaraan, posisi tempat-tempat barang diikat terlebih dahulu. Mengikatnya pun tidak boleh asal-asalan, terutama pada barang yang mudah pecah.

Mengikat tempat barang berguna untuk mengurangi resiko kerusakan saat di perjalanan. Mobilitas kendaraan serta kondisi perjalanan bisa saja menimbulkan kerusakan. Jika tidak bisa mengikat yang aman, Anda bisa meminta tolong pada sopir serta teman dan keluarga.

5. Perhatikan Jam Lalu Lintas

Akan lebih nyaman jika pindahan tidak dilakukan saat kondisi lalu lintas padat. Jika pindahan dilakukan secara mandiri, hal ini untuk mengurangi resiko panik serta tergesa-gesa. Dan jika menggunakan penyewaan kendaraan, lalu lintas yang tidak begitu padat akan lebih mempercepat serta mengurangi berbelok-belok di jalanan.

Sering melakukan manuver seperti belok menghindari kendaraan lain riskan pada barang bawaan. Meskipun sudah dalam posisi tempat terikat, adanya ruang dalam tempat juga menjadi resiko tersendiri.

6. Perhatikan Barang Bahaya

Pastikan barang-barang berbahaya telah diperlakukan dengan baik. Barang seperti gas jangan sampai terlupa untuk ditutup. Sifat gas yang eksplosif sangat berbahaya jika sampai terdapat kebocoran meskipun sedikit.

7. Prioritaskan Penempatan Barang

Setelah sampai tempat tinggal baru, dalam menyusunnya alangkah lebih baik dengan skala prioritas. Setelah barang-barang diturunkan secara berurutan, memilih barang besar terlebih dahulu untuk dimasukan dalam rumah adalah langkah yang tepat.

Hal tersebut dikarenakan barang besar akan memakan lebih banyak tempat. Jika yang dimasukkan adalah barang kecil, keadaan yang belum terkonsep dikhawatirkan akan menghabiskan tempat. Dengan demikian rumah akan terkesan sempit serta menyesakkan.

Pindah Mudah Bersama Kabut Transport

Mengetahui tips pindah rumah di atas akan memudahkan proses pindahan Anda. Namun jika barang terlampau banyak atau tidak ingin ribet, menyewa kendaraan menjadi solusi tepat.

Kabul Transport, solusi mudah untuk pindah rumah. sumber: istockphoto.com
Kabul Transport, solusi mudah untuk pindah rumah. sumber: istockphoto.com

Kabul Transport menyediakan sewa mobil angkut sesuai kebutuhan. Dari mobil dengan kapasitas kecil hingga kapasitas besar siap menjadi sahabat pindahan. Selain itu jika tidak bisa mengendarai mobil tidak perlu khawatir, persewaan kendaraan satu ini memiliki sopir yang berpengalaman.

Selain menangani jasa pindah rumah, Kabul Transport juga memberi pelayanan pada kebutuhan lain. Untuk memberikan kemudahan mobilitas untuk barang besar dan berkapasitas banyak, truk box juga disediakan. Jadi tunggu apa lagi? Gunakan layanan Kabul Transport untuk kemudahan pindahan Anda!

Leave a Comment