5 Tips Membuat Rencana Perjalanan Wisata yang Tepat dan Menyenangkan

Rencana perjalanan wisata merupakan salah satu faktor yang memiliki peranan penting dalam liburan. Bukan hanya sekedar menjadi kegiatan seru dan menyenangkan saja, namun secara perlahan liburan juga telah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia. 

Menyusun itinerary perjalanan merupakan hal yang wajib dilakukan agar liburan dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana. Terutama jika Anda baru pertama kali mengunjungi destinasi wisata tersebut yang letaknya cukup jauh. Lantas apa saja sih yang harus diperhatikan ketika menyusun rencana perjalanan wisata? Simak ulasan berikut ini. 

Mengenal Apa Itu Itinerary

Mengenal apa itu Itinerary, Sumber: daihatsu.co.id
Mengenal apa itu Itinerary, Sumber: daihatsu.co.id

Itinerary adalah rencana rinci atau rute perjalanan yang disusun ketika hendak pergi berlibur. Rencana perjalanan wisata ini juga mencakup banyak hal. Mulai dari daftar destinasi wisata yang akan dikunjungi, transportasi, jadwal kegiatan harian, konsumsi, estimasi biaya, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan liburan tersebut. 

Bukan hanya sekedar untuk memaksimalkan waktu perjalanan saja, namun itinerary juga dapat mengelola pengeluaran Anda selama berlibur. Hal ini tidak terlepas karena semua kebutuhan mulai dari penginapan, konsumsi, dan biaya hal tak terduga akan sangat diperhitungkan dalam rencana perjalanan.

Meski terkesan sepele, namun itinerary yang terperinci dapat menghemat pengeluaran karena semua sudah direncanakan. Perlu untuk dipahami bahwa itinerary berbeda dengan rundown yang sering digunakan dalam acara. Waktu dalam rundown sebisa mungkin dilakukan tepat waktu, sedangkan itinerary dituliskan berdasarkan rentang waktu kira-kira. 

Cara Mudah Membuat Rencana Perjalanan Wisata

Cara membuat rencana wisata, Sumber: packhacker.com
Cara membuat rencana wisata, Sumber: packhacker.com

Rencana perjalanan yang tepat dan sempurna disebut-sebut dapat memperlancar traveling Anda ketika berlibur. Membuat rencana perjalanan juga tidak boleh dilakukan ala kadarnya. Terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar liburan makin menyenangkan. Nah ini dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat membuat itinerary perjalanan. 

1. Tujuan dan Waktu Berkunjung

Tips pertama dan terpenting adalah menentukan kemana perjalanan kali ini. Anda bisa mengingat kembali rencana perjalanan yang belum terealisasikan sebelumnya atau bahkan memilih perjalanan baru yang siap membawa ke pengalaman menarik di tahun ini. 

Dalam hal ini penting untuk menentukan waktu keberangkatan, durasi perjalanan hingga jenis liburan yang diinginkan layaknya musim semi atau musim panas di Korea Selatan. Hal ini juga berhubungan erat dengan berapa lama nantinya Anda akan mengajukan cuti untuk perjalanan wisata. 

2. Pilih Destinasi Wisata Impian

Tahapan selanjutnya adalah mencari destinasi andalan tujuan perjalanan Anda kali ini. Kumpulkan beberapa list destinasi wisata dari berbagai sumber kemudian tata sesuai dengan skala prioritas yang diinginkan. Baik itu wisata sejarah, wahana permainan, maupun wisata edukasi dengan beragam sport instagramable. 

Meski demikian, penting untuk memilih destinasi wisata yang paling favorit dan menarik perhatian. Jangan lupa sesuaikan dengan budget dan waktu yang dimiliki agar travelling menjadi lebih optimal. Jika ingin melakukan solo traveling, pertimbangkan pula destinasi yang kira-kira nyaman dan aman untuk beraktivitas sendirian. 

3. Transportasi dan Akomodasi

Ketika berlibur, menentukan akomodasi transportasi juga menjadi hal yang harus dipikirkan secara matang. Ada baiknya pilih transportasi yang terjangkau dan mudah diakses baik untuk keberangkatan maupun pulang. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk memilih akomodasi yang strategis dan dekat dengan pusat keramaian. 

4. Susun Jadwal Kegiatan

Jika sudah menentukan tujuan wisata, tiket perjalanan dan juga akomodasi, poin penting selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah menyusun jadwal kegiatan selama berlibur. Dalam hal ini Anda bisa membuat daftar tempat-tempat yang nantinya akan dikunjungi secara detail. 

Agar tidak bingung, tulis semua destinasi wisata yang dianggap paling sesuai untuk dikunjungi. Sembari menyusun jadwal kegiatan, cek kembali melalui Google Maps untuk mengetahui apakah jarak lokasi satu dengan yang lainnya cukup berdekatan atau justru berjauhan.

Hal ini terbilang cukup penting untuk membantu menghemat waktu perjalanan ke destinasi wisata tujuan. Perhatikan pula perihal kendaraan yang nantinya akan digunakan menuju ke tempat wisata tersebut. 

5. Pertimbangkan Peristiwa Tak Terduga

Selama melakukan perjalanan wisata, besar kemungkinan Anda akan menemukan hal-hal atau peristiwa yang tidak terduga sebelumnya. Sedikit atau banyak kondisi semacam ini dapat menimbulkan kekacauan. Salah satu contohnya adalah terjebak kemacetan lalu lintas, bahkan destinasi wisata yang dipilih ternyata tutup, hingga harga tiketnya berubah terlalu mahal. 

Oleh sebab itu, pastikan untuk membuat rencana perjalanan wisata lain sebagai alternatif. Pastikan ambil keputusan secepat mungkin, jangan larut dalam kekecewaan dan rasa kesal ketika terjadi hal yang tidak sesuai rencana awal. Sebab bisa saja destinasi wisata yang dicadangkan jauh lebih seru dan menarik. 

Rencana perjalanan cadangan juga akan membuat momen berlibur tidak terganggu. Perlu diingat bahwa niat pergi berlibur adalah untuk bersantai dan menikmati momen. Jadi jangan sampai membuat tujuan utamanya hilang hanya karena rencana awal gagal. Bersikaplah lebih fleksibel agar liburan yang dilakukan semakin seru dan tak terlupakan. 

Itinerary Sudah di Tangan, Realisasikan Sekarang Juga! 

Sewa mobil wisata, Sumber: detik.com
Sewa mobil wisata, Sumber: detik.com

Itu dia tips membuat rencana perjalanan wisata yang mudah, lengkap, dan terperinci. Berlibur adalah waktu terbaik untuk bersantai dan menjelajahi tempat baru. Namun rencana perjalanan bisa menjadi rumit jika terkendala transportasi. Kabul Trans merupakan jasa sewa mobil yang dapat memberikan kenyamanan dan kebebasan selama perjalanan Anda.

Menyewa mobil untuk berlibur jauh lebih nyaman dan fleksibel. Sebab Anda bebas menyesuaikan jadwal perjalanan sesuai keinginan, berhenti di tempat menarik sepanjang jalan, dan menjelajahi tempat yang tidak mungkin diakses dengan transportasi umum. Bahkan Anda juga tak perlu khawatir tentang waktu tunggu dan terikat dengan jadwal orang lain. 

Dengan sewa mobil, Anda juga memiliki kebebasan penuh untuk menentukan rute perjalanan. Kami merupakan jasa sewa truk box Jakarta, Surabaya, dan Jogja. Serta kami juga menyediakan jasa sewa mobil pribadi yang profesional dan ramah. 

Kami siap membantu Anda dengan proses pemesanan mudah, memberikan saran tentang rute dan objek wisata, serta memberikan bantuan jika terjadi masalah selama perjalanan Anda. 

Jasa sewa mobil untuk berlibur dari kami adalah pilihan terbaik guna memaksimalkan perjalanan liburan Anda dengan tujuan wisata Jogja, Surabaya, dan Jakarta. Bersama kami Anda bisa menciptakan liburan yang jauh lebih menyenangkan, berkesan, dan tak terlupakan.

Leave a Comment