Timeline Pindahan Kost Untuk Persiapan yang Lebih Mudah, Anda Harus Tahu!

Apakah Anda sedang bersiap untuk pindahan kost karena biaya sewa bulanan mulai naik atau lingkungan kost cenderung kurang nyaman? Memang, pindah kost sebenarnya adalah hal yang biasa saja. Namun, jika tidak dipersiapkan dengan baik, hal yang terdengar sepele ini bisa jadi akan sangat merepotkan.

Perlu diketahui, persiapan dan proses pindah kost ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Tidak sekedar sembarangan pindah, namun perlu dipikirkan dan dipersiapkan dengan baik dan matang. Sebab apabila tidak dipersiapkan dengan matang, nanti akan terkesan terburu-buru dan akhirnya akan ada banyak barang yang tertinggal.

persiapan pindahan kost, perlu dilakukan dengan matang. sumber: istockphoto.com
persiapan pindahan kost, perlu dilakukan dengan matang. sumber: istockphoto.com

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan ketika hendak pindah kost ke tempat baru agar lebih mudah dan juga lancar. Penasaran? Simak ulasannya!

5 Tips Persiapan Utama Pindahan Kost yang Wajib Diketahui

Anda yang sudah memutuskan untuk melakukan pindahan kost, wajib untuk melakukan beberapa persiapan. Maka dari itu, simak alur persiapan apa saja yang perlu dilakukan, agar proses pindahan bisa berjalan dengan menyenangkan tanpa kendala apapun.

1. Cari Tempat Kost Baru Jauh-Jauh Hari

Jika sudah memiliki rencana untuk berpindah kost, hal wajib dan utama adalah mencari tempat kost terlebih dahulu. Pertimbangan lokasi yang dekat dengan tempat kerja maupun kampus adalah salah satu faktor penting dalam memilih kost yang baru.

Apabila telah mendapatkan tempat kost sesuai dengan kriteria, pastikan ketersediaan kamar dengan membayar uang muka. Tujuannya, agar bisa mengatur jadwal kepindahan dengan tenang tanpa ada rasa cemas tempat kost diambil oleh orang lain.

Biasanya, mencari tempat kost baru ini bisa memakan waktu yang lama. Tidak hanya beberapa minggu, bisa jadi seseorang perlu waktu lebih dari satu bulan lamanya untuk mendapatkan tempat yang nyaman.

2. Berpamitan Kepada Pemilik Kost Lama

Berpindah kost bukan berarti memutus tali silaturahmi dengan pemilik kost yang lama. Tujuan berpamitan ini selain untuk memberitahu rencana kepindahan, namun juga untuk tetap menjaga hubungan baik dengan pemilik kost tersebut. Juga untuk membicarakan persoalan administrasi yang mungkin perlu diselesaikan bersama-sama.

3. Mencatat Barang-Barang Pribadi di Kost

Penting untuk mencatat barang pribadi yang ada di kost. Pisahkan barang milik kost dengan barang pribadi yang akan dibawa pindah. Dengan demikian, maka tidak akan ada barang yang tertukar maupun tidak sengaja terbawa pada waktu melakukan pindahan.

agar tidak tertinggal, pencatatan barang pribadi penting dilakukan. sumber: istockphoto.com
agar tidak tertinggal, pencatatan barang pribadi penting dilakukan. sumber: istockphoto.com

Buatlah checklist pencatatan yang baik dan mudah dipahami di setiap barang yang akan dibawa. Jika mengalami kesulitan, minta tolonglah kepada teman kost atau jasa pindahan kost untuk membantu dalam pencatatan ataupun mengecek segala barang yang akan ditinggal atau yang dibawa.

4. Membersihkan Kamar Kost

Meninggalkan kamar kost dengan bersih dan rapi seperti dalam keadaan semula, tentu akan memberi energi positif tersendiri bagi yang ingin pindah maupun kepada pemilik kost. Dengan membersihkan kamar, kemungkinan besar juga akan menemukan barang-barang pribadi yang terselip atau telah lama hilang.

Keadaan kamar yang tertata rapi ini, dapat membantu dan mempermudah dalam melakukan packing barang. Cara packing barang yang baik dan efisien, akan membuat pindahan kost semakin terasa ringan.

5. Mengumpulkan Wadah atau Kardus Untuk Pindahan

Sebelum melakukan packing, persiapkan dulu wadah seperti container box, kardus, tas besar ataupun kantong plastik yang bisa dipergunakan untuk mengepak barang. Jika jumlah barangnya cukup banyak, sewalah jasa pick up box untuk membantu dalam pengiriman barang pindahan.

Pemilihan jenis wadah sangat penting agar barang yang disimpan di dalamnya tetap terjaga dan tidak rusak. Maka kita perlu tahu tips dan trik dalam packing barang-barang yang dibutuhkan.

4 Tips Packing Pindahan Kost

Setelah persiapan utama dalam pindahan kost telah selesai, maka selanjutnya kita akan disibukkan dalam pengemasan atau pengepakkan barang-barang kost yang akan dibawa serta ke tempat kost yang baru. Berikut tips packing pindahan kost yang perlu dilakukan.

1. Kemas Barang Jauh-Jauh Hari

Setelah mendapatkan tempat kost yang diharapkan, maka mengemas atau packing sebagian barang wajib untuk segera dilakukan. Agar ketika pada saatnya pindah, barang-barang sudah tertata rapi dalam wadah atau kardus.

2. Mengelompokkan Jenis Barang

Pengelompokkan ini bertujuan agar barang-barang bisa ditaruh dalam tempat sesuai dengan jenis barangnya. Misalnya, pengelompokkan peralatan mandi, pakaian sehari-hari, peralatan dapur, perlengkapan tidur dan lain-lainnya. Di setiap wadah ditulis keterangan jenis setiap barang untuk memudahkan proses bongkar di tempat kost yang baru.

pengelompokan jenis barang, memudahkan pindahan kost. sumber: istockphoto.com
pengelompokan jenis barang, memudahkan pindahan kost. sumber: istockphoto.com

3. Perhatikan Barang Elektronik dan Pecah Belah

Mengemas barang-barang pecah belah maupun elektronik sewaktu pindahan sebenarnya tidak susah. Cukup dipisahkan dan dipacking dengan pengemasan khusus, seperti diberi tambahan bubble wrap atau ditempel stiker fragile pada wadahnya.

Pemisahan dan pengemasan khusus ini berfungsi agar barang-barang elektronik dan pecah belah tidak bertumpuk secara sembarangan yang berakibat kerusakan. Setelah diberi tanda dengan stiker, maka berhati-hatilah ketika memindah wadah yang berisi barang-barang tersebut.

4. Proses Bongkar Muat Packingan Barang

Bongkar muat barang menjadi hal terakhir namun juga hal terpenting. Dalam proses ini, selain membongkar kemasan barang-barang namun juga waktu yang pas untuk melakukan checklist barang bawaan. Memastikan barang-barang tidak ada yang tertinggal dan sudah dibawa semua ke tempat kost yang baru.

Untuk mempermudah mengurus kepindahan barang-barang, maka opsi sewa mobil angkut adalah jalan terbaik jika kendaraan yang Anda miliki kurang memadai. Menggunakan mobil angkut akan menjadikan proses pindah kost menjadi lebih ringan dan cepat.

Demikianlah beberapa timeline pindahan kost yang mempermudah dari awal persiapan hingga akhir kepindahan ke tempat kost yang baru. Alur waktu yang baik akan menjadikan proses kepindahan terasa ringan, menyenangkan, efektif dan efisien. Tidak perlu terburu-buru karena semua telah terjadwal dengan terperinci.

Terkait kebutuhan mobil angkut untuk pindah kost, Kabul Trans menyediakan layanan sewa yang terjangkau dan bisa diandalkan. Tentu, Anda bisa memilih jenis mobil angkut yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment