Mau Pindahan? Intip 4 Cara Memaksimalkan Muatan Truk Berikut Ini!

Saat pindahan rumah adalah momen yang cukup krusial yang menuntut persiapan dan kehati-hatian agar bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Umumnya orang akan menggunakan jasa pindah rumah yang menyediakan transportasi berupa truk. Nah, agar muatan truk bisa lebih maksimal ternyata ada beberapa teknik atau cara yang bisa dilakukan.

Cara-cara tersebut terbilang cukup sederhana dan mudah. Jadi untuk Anda yang berencana untuk pindahan menggunakan truk, maka bisa menyimak artikel kali ini hingga selesai ya!

Muatan Truk Berlebihan, Apakah Berbahaya?

Meskipun pada artikel ini kami memberikan informasi tentang cara untuk memaksimalkan muatan truk, namun bukan berarti Anda bisa memuat barang dalam truk dengan kapasitas yang berlebihan. Apakah truk kelebihan muatan itu berbahaya? Temukan jawabannya di bawah ini!

Memang benar, saat ini untuk mencari muatan baik itu untuk truk angkutan barang-barang hasil industri dan perusahaan maupun jasa angkut truk. Selain itu, agar truk dapat memuat banyak barang tak jarang supir truk memaksakan muatan yang melebihi batas maksimum truk.

Tips memaksimalkan muatan truk saat pindahan, Sumber: notablelife.com
Tips memaksimalkan muatan truk saat pindahan, Sumber: notablelife.com

Hasilnya jelas hal tersebut akan sangat berbahaya untuk sopir truk dan juga pengendara lainnya. Bayangkan saja ada beberapa kasus truk yang berani mengangkut sampai 50 ton barang padahal kapasitas muatannya maksimal 21 ton.

Alhasil truk akan jalan miring dan truk bisa saja terguling akibat rangka dan body tidak kuat menahan kecepatan mobil serta berat barang yang dibawanya. Biasanya kasus seperti ini terjadi karena iming-iming imbalan yang akan diberikan oleh konsumen jika dapat membawa semuanya dalam satu kali jalan.

Padahal, semakin berat barang yang digendong oleh truk maka akan membuatnya tidak stabil. Terlebih jika volume barang yang sangat tinggi bahkan sudah melebihi kapasitas tinggi karoseri bak truk.

Agar tetap aman maka sopir harus menggunakan terpal untuk menutupi kelebihan muatan tersebut agar tidak mudah berceceran di jalanan. Dalam hal ini, baik penyedia jasa maupun pengguna jasa pindah rumah mesti memprioritaskan faktor keselamatan di atas segalanya.

Cara Memaksimalkan Muatan Truk Pindahan Rumah

Proses pokok yang dilakukan oleh jasa pengiriman barang besar maupun kecil adalah melakukan muat barang ke barang truk tanpa ada kesalahan.

Beberapa kesalahan tersebut pada gilirannya bisa berefek pada rusaknya badan karoseri truk, barang rusak karena dipaksa dan juga kesalahan penyusunan sehingga masih ada barang sisa yang tidak diangkut, padahal kapasitas truk mestinya masih bisa menampungnya.

Nah, untuk Anda seorang sopir truk jasa pindahan rumah mesti mengetahui cara-cara berikut ini:

Muatan dan Kapasitas Truk yang Pas

Ketika Anda membuka jasa pindahan rumah langkah pertama yang Anda hafal adalah berapa batas maksimal atau kapasitas muatan truk Anda dan benda apa saja yang bisa dimuatnya. Nah, informasi tersebut akan sangat bermanfaat saat Anda mendapatkan pesanan.

Artinya Anda bisa memutuskan untuk menerima atau menolak pesanan tersebut. Misalnya ada tawaran untuk angkut pasir dan material serupa.

Sebab, selain tidak sesuai dengan jasa yang Anda tawarkan material seperti pasir ini tidak cocok dengan jenis truk pindahan rumah yang biasanya untuk memuat barang seperti perabotan rumah tangga dan sewa truk box untuk produk makanan.

Sebaliknya Anda bisa menerima tawaran yang sesuai dengan layanan yang Anda tawarkan dan sesuai dengan jenis truk Anda. Jadi, menyesuaikan muatan dengan kapasitas truk adalah cara awal untuk memaksimalkan muatan truk secara efektif.

Pindahan menggunakan truk box, Sumber: highlevelmovers.ca
Pindahan menggunakan truk box, Sumber: highlevelmovers.ca

Perhatikan Posisi Duduk Muatan Truk

Setelah mengamalkan cara pertama di atas, maka langkah selanjutnya yang mesti juga Anda lakukan adalah memperhitungkan dan memperhatikan posisi duduk dari barang yang diangkut. Biasanya untuk barang-barang dengan kapasitas dan volume yang besar diposisikan pada bagian bawah dan pada bagian atas adalah jenis barang yang lebih ringan dan kecil.

Meskipun begitu Anda tetap perlu memastikan barang paling bawah adalah barang yang bisa ditindih dan riskan rusak. Sebagai contoh, saat menata muatan barang elektronik Anda bisa memasukan volume barang terlebih dahulu dengan dimensi yang sesuai, misalnya ada space datar atau kotak.

Sehingga meskipun berada pada posisi bagian bawah, barang tersebut tidak rusak. Pada dasarnya menata dan memperhitungkan posisi duduk barang ini bisa dilakukan oleh setiap orang, namun disini Anda tidak tidak boleh terburu-buru. Sebaliknya lakukanlah dengan teliti dan hati-hati.

Manfaatkan Alat Bantu dan Kernet

Muatan yang maksimal itu tidak selalu berhubungan dengan kapasitas yang besar dan banyak. Namun disini juga berbicara tentang safety dan kemudahan. Oleh karena itu cara satu ini dilakukan agar proses bongkar muatan, khususnya yang besar dan berat bisa berlangsung cepat dan mudah.

Alat bantu yang bisa dimanfaatkan disini seperti alat jungkir dan sejenisnya. Disamping itu tentu saja Anda sebagai penyedia jasa pindahan rumah juga sudah menyiapkan seorang kernet yang bertugas membantu bongkar muat nantinya.

Selain membantu proses bongkar muat, disaat yang sama kernet juga ternyata bisa meningkatkan nilai dari jasa pindahan Anda di mata konsumen.

Menguasai Teknik Simpul Tali

Seorang supir dan kernet diantaranya mesti ada orang yang sudah menguasai teknik mengikat simpul tali. Tujuan utama dari hal ini adalah untuk mengakali barang muatan yang memiliki ukuran besar atau barang mudah pindah posisi saat truk jalan. Maka, mengikatnya dengan tali adalah cara tepat agar muatan truk maksimal, aman dan rapi.

Perabotan yang sedang dipindahkan menggunakan truk, Sumber: moving.tips
Perabotan yang sedang dipindahkan menggunakan truk, Sumber: moving.tips

Demikian ulasan singkat dari kami, semoga artikel ini memberikan informasi yang Anda butuhkan. Untuk update dan pembaruan artikel bermanfaat lainnya, Anda bisa mengikuti dan rutin mengunjungi website resmi kami!

Leave a Comment