Dampak Negatif dari Truk Kelebihan Muatan (Waspadalah)

Truk Kelebihan Muatan – Bukan hanya truk saja, namun berbagai jenis kendaraan juga tidak disarankan untuk mengendarainya dengan muatan yang berlebih. Karena muatan berlebih memiliki banyak dampak negatif.

Sudah jelas bahwa dampak utama dari truk kelebihan muatan ialah kecelakaan. Risiko terjadinya kecelakaan di jalan raya akan semakin meningkat karena hal tersebut. Bukan hanya pengemudi saja yang dirugikan, namun pengguna jalan lain juga ikut dirugikan.

Apalagi ada berbagai jenis truk yang biasa menggunakan jalan. Tidak bisa dibayangkan jika yang membawa muatan berlebih itu adalah truk yang besar. Hal ini dapat menyebabkan berbagai kekhawatiran terhadap pengguna jalan yang lain.

Ilustrasi truk kelebihan muatan, Sumber: kompasiana.com
Ilustrasi truk kelebihan muatan, Sumber: kompasiana.com

Biasanya ciri-ciri truk yang kelebihan muatan akan sulit bergerak. Hal tersebut dikarenakan oleh beban muatan yang melebihi standar yang berlaku. Selain itu muatan yang dibawa truk juga akan terlihat menggunung dan membuat ngeri jika dilihat.

Truk yang kelebihan muatan atau bisa juga dikenal dengan sebutan Over Dimension Over Loading (ODOL) ini masih banyak dijumpai di Indonesia. Padahal truk kelebihan muatan tersebut memiliki dampak berbahaya bagi setiap pengguna jalan.

Dampak Truk Kelebihan Muatan

Muatan truk yang berlebihan tentu saja akan mengakibatkan berbagai dampak negatif. Bukan hanya si pengemudi, namun penyedia jasa truk hingga pengguna jalan yang lain juga akan merasakan dampak dari kelalaian ini.

Berikut beberapa dampak dari truk kelebihan muatan yang perlu Anda ketahui. Ikutilah standar dan aturan dalam berkendara sesuai dengan yang telah ditetapkan.

1. Menghilangkan Keseimbangan Truk

Dampak pertama dari truk kelebihan muatan ialah dapat menghilangkan keseimbangan truk, sehingga kecelakaan tidak dapat dihindari. Sudah banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat dari truk memiliki muatan yang berlebih ini.

Jika sudah begini, tidak hanya si pengemudi saja yang rugi. Namun berbagai pihak juga ikut dirugikan. Truk yang kelebihan muatan akan membuatnya menjadi hilang keseimbangan. Sehingga rawan sekali terjadi kecelakaan.

2. Menurunkan Performa Mesin

Jika kelebihan muatan, maka mesin akan dipaksa untuk bekerja melebihi kemampuannya. Apabila kondisi seperti itu dibiarkan terus-menerus tentu saja performa mesin menjadi menurun. Kendaraan menjadi tidak dapat bekerja secara optimal lagi.

Ketika performa mesin semakin menurun, maka lama-kelamaan kondisi truk juga mengalami penurunan. Alhasil truk tersebut akan mengalami kerusakan yang fatal.

Baca juga: Bahaya Berkendara Saat Hujan (Wajib Waspada)

3. Kecepatan Maksimum Menjadi Rendah

Sering melihat truk yang jalannya pelan? Itulah salah satu dampak dari kelebihan muatan. Kecepatan maksimum truk sangat rendah. Hal ini juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan, apalagi jika trus memasuki jalur tol.

Jika tidak hati-hati truk bisa mengalami kecelakaan dengan kendaraan lainnya. Kondisi truk yang seperti ini bisa mengakibatkan tabrakan di depan dan di belakang.

4. Meningkatkan Risiko Rem Blong

Dampak dari truk kelebihan muatan berikutnya ialah meningkatkan risiko terjadinya rem blong. Saat diturunan yang sangat dikhawatirkan adalah truk kehilangan kemampuan untuk mengerem.

Hal ini bisa saja terjadi karena kondisi truk yang tidak sanggup menopang beban yang berlebihan. Ketika truk kehilangan kemampuannya untuk mengerem, maka kecelakaan atau menabrak kendaraan yang ada didepannya tidak dapat dihindari lagi.

Truk terguling, Sumber: balipost.com
Truk terguling, Sumber: balipost.com

5. Truk Terguling

Kelebihan muatan pada truk juga bisa membuat truk terguling. Pada saat truk melewati jalanan yang berkelak-kelok, risiko truk oleng akan lebih besar jika muatan yang dibawa berlebihan.

Bahkan juga banyak kasus yang sudah terjadi akibat dari kelebihan muatan, truk-truk terguling saat memasuki tikungan. Hal ini dikarenakan gaya sentrifugal truk lebih besar saat berada ditikungan.

Baca juga: Inilah Tips Aman Berkendara bagi Pengemudi Truk

6. Truk Tidak Kuat Menanjak

Kelebihan muatan pada truk juga berdampak pada tanjakan. Truk menjadi tidak kuat melewati jalan tanjakan. Dilansir dari laman Kompas, hal ini dikarenakan perbandingan daya mesin dengan berat kendaraan atau power weight ratio (PWR) yang rendah.

Alhasil truk tidak bisa naik ke atas dan akan turun ke bawah. Jika dibelakangnya ada kendaraan lain, maka kecelakaan beruntun tidak dapat dihindari.

Selain itu apabila di area belakang truk terdapat jurang juga akan berbahaya. Bisa-bisa truk tersebut mundur ke belakang dan masuk ke dalam jurang akibat tidak kuat melewati tanjakan.

7. Merusak Jalan

Dampak dari truk kelebihan muatan selanjutnya ialah dapat merusak jalan. Bahkan tidak jarang warga yang memblokir jalan agar tidak dilewati truk-truk ini. Karena truk yang kelebihan muatan membuat jalan yang semula bagus menjadi rusak dan berlubang.

Jalanan yang berlubang sangat berbahaya bagi kendaraan. Apalagi saat musim hujan, lubang-lubang tersebut banyak yang tergenang air. Jadi pada saat melewatinya, banyak kendaraan yang terperosok karena tidak sadar ada lubang.

Akses jalan yang baik dapat memperlancar kendaraan yang melewatinya. Namun jika jalanan rusak dan berlubang maka akan membuat akses jalan menjadi sulit dan merugikan berbagai pihak dan warga sekitar.

Jalan rusak akibat truk yang kelebihan muatan, Sumber: krjogja.com
Jalan rusak akibat truk yang kelebihan muatan, Sumber: krjogja.com

Itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai dampak dari truk kelebihan muatan. Ada tambahan informasi bagi Anda yang membutuhkan layanan transportasi dan logistik untuk memenuhi kebutuhan bisnis, pindah kos, rumah, kantor, atau yang lainnya.

Kami dari Kabul Transport siap membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kabul Transport dapat membantu mengirimkan berbagai barang secara cepat, mudah, dan efisien.

Kami menyediakan jasa sewa truk box untuk berbagai kebutuhan pengangkutan barang Anda. Jangan ragu menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut mengenai jasa angkut barang.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai persewaan mobil ataupun truk box, Anda bisa langsung menghubungi kami dikontak yang telah tersedia. Jangan lupa untuk terus mengikuti berbagai artikel menarik lainnya hanya di Kabul Transport.

Leave a Comment