Kenali Berbagai Jenis Truk dan Kapasitasnya yuk!

Truk merupakan salah satu jenis transportasi yang biasanya digunakan untuk mengangkut barang. Ternyata truk tidak hanya 1 jenis, namun ada berbagai jenis truk dan kapasitasnya yang bisa Anda jumpai di jalan raya.

Penggunaan truk sering kali dimanfaatkan untuk kebutuhan logistik masyarakat umum. Mulai dari angkutan barang yang ringan hingga barat yang memiliki bobot besar. Misalnya saja kayu, pasir, hasil tambang, elektronik, dan yang lainnya.

Apabila Anda mengetahui apa saja jenis truk dan kapasitanya, nantinya akan membantu mempermudah Anda untuk memilih sewa truk box yang tepat sesuai dengan yang dibutuhkan. Bisa untuk mengirimkan barang atau memindahkannya.

Mengenal jenis truk dan kapasitasnya, Sumber: pixabay.com
Mengenal jenis truk dan kapasitasnya, Sumber: pixabay.com

Dengan adanya jasa angkutan logistik ini dapat mempermudah mobilitas Anda dalam berbisnis di dunia modern. Anda hanya perlu fokus pada bisnis tanpa perlu memusingkan bagaimana mengirimkan barang pesanan pelanggan.

Anda cukup menggunakan layanan transportasi dan logistik untuk memenuhi kebutuhan angkutan barang Anda. Selain dalam berbisnis, Anda juga bisa menggunakan layanan tersebut untuk memindahkan barang pindahan rumah Anda.

Mengenal Jenis Truk dan Kapasitasnya

Untuk jenis-jenis truk juga terdapat berbagai varian tergantung dengan kebutuhannya. Mulai dari jenis truk yang membawa muatan ringan hingga jenis truk yang membawa muatan berat. Berikut jenis truk dan kapasitasnya yang perlu Anda ketahui.

1. Pick Up

Jenis truk yang pertama ialah pick up, truk ini dapat dengan mudah Anda jumpai di jalanan. Bahkan banyak orang yang berkecimpung di dunia bisnis kecil ataupun sedang memiliki pick up untuk membantu pengiriman barangnya.

Untuk jenis truk yang satu ini kapasitasnya dapat mencapai 1,5 ton dan masuk ke dalam tipe truk ringan. Truk ini dapat Anda manfaatkan juga untuk membantu membawa barang-barang untuk pindahan dalam jangkauan jarak yang dekat.

Pick up memiliki bagian bak belakangnya terbuka, jadi untuk memindahkan barang-barang rumah seperti elektronik tidak bisa terlalu jauh. Karena dikhawatirkan barang-barang Anda rusak diakibatkan terkena hujan atau panas matahari.

Untuk mengirimkan atau memindahkan barang yang berisiko seperti elektronik, lebih baik Anda menggunakan pick up box. Supaya barang-barang bawaan Anda tidak rusak akibat terkena panas matahari maupun hujan.

Pick Up, Sumber: idntimes.com
Pick Up, Sumber: idntimes.com

2. Colt Diesel Engkel (CDE)

Jenis truk selanjutnya ialah Colt Diesel Engkel (CDE) atau biasa disebut juga dengan truk engkel. Hampir sama dengan pick up, truk ini juga masuk ke dalam tipe truk ringan. Namun kapasitas yang dimilikinya masih di atas pick up.

Jenis truk ini kapasitasnya sekitar 2 ton dan bisa digunakan untuk melewati jalanan kecil. Untuk dimensi truk engkel yang berkapasitas 1,5 ton memiliki dimensi volume 9 CBM. Biasanya dimiliki oleh tipe truk Colt Diesel Engkel yang box.

Untuk jumlah roda yang dimiliki truk jenis ini juga sama dengan pick up yakni 4 roda dan 2 sumbu. Truk engkel dapat dimanfaatkan untuk mengantar pengiriman barang ke supermarket, karena truk ini dapat digunakan pada jalanan yang normal.

Colt Diesel Engkel, Sumber: ktbfuso.co.id
Colt Diesel Engkel, Sumber: ktbfuso.co.id

3. Colt Diesel Double (CDD)

Colt Diesel Double (CDD) ini juga biasa disebut dengan truk canter. Masih bersaudara dengan truk Colt Diesel Engkel, namun truk Colt Diesel Double memiliki kapasitas muatan yang lebih besar. Truk jenis ini cocok digunakan untuk mengangkut muatan besar.

Baca juga: Inilah Tips Aman Berkendara bagi Pengemudi Truk

Misalnya saja seperti muatan hasil perkebunan atau pertambangan. Anda bisa menggunakan truk jenis ini untuk mengirimkan muatan tersebut. Truk Colt Diesel Double (CDD) memiliki jumlah roda yang banyak yakni 6 roda dengan 2 sumbu.

Untuk dimensi truk canter yang berkapasitas muatan 5 ton memiliki dimensi volume 24 CBM. Biasanya dimiliki oleh tipe truk Colt Diesel Double yang box. Truk canter ini bisa digunakan pada medan jalan yang tergolong berat.

Colt Diesel Double, Sumber: jurnalpost.com
Colt Diesel Double, Sumber: jurnalpost.com

4. Tronton

Jenis truk selanjutnya ialah truk tronton. Truk tronton ini banyak diminati oleh pengusaha karena dapat mengirim dan memindahkan muatan dengan kapasitas besar.

Untuk berbagai ekspedisi juga banyak yang menggunakan truk tronton untuk mengirimkan barangnya. Truk tronton memiliki jumlah roda 10 dengan 3 sumbu.

Truk tronton dapat menampung muatan barang dengan kapasitas maksimal mencapai 20 ton. Konfigurasi roda dari truk tronton yakni 2-4-4. Untuk sumbu tengah berdekatan dengan sumbu belakang, seperti gambar yang ada di bawah ini.

Truk Tronton, Sumber: djsn.co.id
Truk Tronton, Sumber: djsn.co.id

5. Truk Wingbox

Hampir sama dengan truk tronton, truk wingbox juga populer dikalangan pengusaha. Hal ini disebabkan oleh bagian kanan, kiri, dan belakang dari truk bisa dibuka. Karena hal tersebut dapat memudahkan pada saat bongkar ataupun muat barang.

Untuk kapasitas dari muatan truk wingbox ini juga sama dengan truk tronton yakni maksimal mencapai 20 ton. Sehingga wajar saja para pengusaha yang membutuhkan armada transportasi jasa angkut, lebih suka dengan jenis truk wingbox ini.

Truk Wingbox, Sumber: m.bukalapak.com
Truk Wingbox, Sumber: m.bukalapak.com

6. Truk Trailer

Jenis truk berikutnya termasuk ke dalam moda transportasi bermuatan berat. Truk trailer biasanya digunakan untuk mengirimkan atau memindahkan kendaraan berat. Kapasitas dari truk trailer ini mulai dari 20 ton hingga 60 ton.

Truk trailer memiliki jumlah roda lebih dari 16 bahkan hingga 24 roda dan dilengkapi dengan 4 hingga 6 sumbu. Apabila Anda bertemu dengan jenis truk ini di jalan, maka bisa berhati-hati dalam berkendara ya.

Truk Trailer, Sumber: otosia.com
Truk Trailer, Sumber: otosia.com

Itulah tadi informasi mengenai jenis truk dan kapasitasnya. Apabila Anda membutuhkan layanan transportasi dan logistik untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda, kami dari Kabul Transport siap membantu Anda.

Kabul Transport dapat membantu mengirimkan berbagai barang secara cepat, mudah, dan efisien. Tidak hanya menyediakan jasa sewa truk box saja, kami juga melayani sewa mobil. Anda bisa menggunakan jasa kami untuk berwisata ke Jogja dan sekitarnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar promo dan diskon maupun persewaan mobil, Anda bisa menghubungi kontak kami. Jangan lupa untuk mengikuti berbagai artikel menarik lainnya hanya di Kabul Transport.

Leave a Comment