Inilah Tips Aman Berkendara bagi Pengemudi Truk

Apapun kendaraan yang digunakan, sudah semestinya pengemudi mementingkan keselematan. Khususnya bagi pengemudi angkutan besar seperti truk, diperlukan tips aman berkendara untuk menjaga keselamatan selama berada di perjalanan.

Tidak jarang kita melihat beberapa kendaraan mengalami kecelakaan lalu lintas akibat tidak menaati peraturan di jalan raya. Bahkan truk hingga bus yang memiliki muatan besar juga masih banyak yang lalai dalam menjaga keamanan berkendara.

Berkendara dengan aman merupakan prioritas utama yang perlu dijaga dimanapun berada. Terlebih dalam keadaan hujan, berkendara saat hujan dibutuhkan perhatian yang ekstra. Karena jalanan licin, sehingga dapat dengan mudah tergelincir jika tidak hati-hati.

Tips aman berkendara bagi pengemudi truk, Sumber: news.olx.co.id
Tips aman berkendara bagi pengemudi truk, Sumber: news.olx.co.id

Bukan hanya bagi pengemudi truk saja, tapi setiap pengguna jalan perlu mengetahui apa saja tips aman untuk berkendara. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan, seperti terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Hal yang bisa menekan terjadinya kecelakaan, salah satunya dengan cara mematuhi rambu lalu lintas yang ada. Karena hingga saat ini masih banyak masyarakat yang tidak peduli dengan rambu-rambu lalu lintas.

Sikap tidak peduli dengan keselamatan lalu lintas tersebutlah yang pada akhirnya bisa mencelakakan diri sendiri dan orang lain. Mulailah untuk peduli dengan diri sendiri dan sekitar dengan menjaga keselamatan saat berkendara.

Tips Aman Berkendara bagi Pengemudi Truk

Supaya tidak mencelakakan diri sendiri maupun orang lain yang berada di sekitar, Anda perlu menggunakan tips ini. Perlu Anda ketahui bahwa truk memiliki ukuran yang besar, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam mengemudikannya.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti, untuk memastikan Anda tetap aman berkendara menggunakan truk.

1. Istirahat yang Cukup

Sebelum berkendara, pastikan Anda telah beristirahat yang cukup. Terlebih kendaraan yang akan Anda kendarai adalah truk yang memiliki beban yang berat dan besar.

Istirahat yang cukup, dapat membantu mengembalikan konsentrasi Anda. Sehingga pada saat Anda mulai mengendarai truk, Anda akan lebih fokus dan tidak merasa lelah.

Biasanya pengemudi truk ini mengantarkan barang-barang seperti barang pindahan, paket, dan yang lainnya hingga luar kota dan provinsi. Maka tidak heran pengemudi truk mengalami rasa lelah karena menempuh jarak hingga berjam-jam.

Jadi Anda perlu mengambil waktu sekitar 8 jam untuk beristirahat sebelum melakukan perjalanan jauh untuk pengantaran barang tersebut. Sehingga nantinya Anda bisa sampai ditempat tujuan dengan selamat.

Istirahat yang cukup, Sumber: rsadventbandung.com
Istirahat yang cukup, Sumber: rsadventbandung.com

2. Berhenti jika Lelah atau Mengantuk

Meskipun telah tidur dengan cukup bukan berarti Anda bisa terhindar dari rasa lelah maupun ngantuk ya. Ada kalanya rasa lelah dan ngatuk tersebut datang tiba-tiba, sehingga mengganggu perjalanan Anda.

Namun perlu Anda ingat, jika Anda sudah mulai merasakan lelah bahkan mengantuk maka segera menepi. Ambil beberapa waktu untuk beristirahat terlebih dahulu, jangan mengambil risiko tetap meneruskan perjalanan seperti itu.

Mengantuk merupakan masalah yang paling banyak dialami pengemudi saat mengemudikan kendaraannya. Tidak jarang pula penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas diakibatkan pengemudi mengantuk sehingga tidak bisa mengontrol laju kendaraan.

Berhenti jika lelah, Sumber: cintamobil.com
Berhenti jika lelah, Sumber: cintamobil.com

3. Memeriksa Kondisi Truk

Pastikan Anda memeriksa kondisi truk setiap saat, jika kondisi truk baik maka ia dapat digunakan secara optimal. Salah satu bagian truk yang perlu dicek adalah bagian kaki-kakinya.

Pada bagian kaki-kaki yang bermasalah sering kali mengakibatkan rem blong maupun ban pecah pada truk. Jadi pengecekan kondisi truk perlu dilakukan setiap saat untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat rem blong ataupun ban pecah.

Tidak hanya itu saja, pada bagian lampu juga harus dicek. Pastikan lampu-lampu di truk berfungsi dengan baik. Sehingga saat malam tiba dan kondisi jalanan gelap, Anda bisa melewatinya dengan lancar dan tidak perlu khawatir.

Ilustrasi mengecek kondisi truk, Sumber: beritasatu.com
Ilustrasi mengecek kondisi truk, Sumber: beritasatu.com

4. Mengurangi Konsumsi Kafein

Tidak jarang pengemudi mengonsumsi minuman berkafein dengan alasan agar tidak mengantuk. Namun kenyataannya, mengonsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan loh.

Ketika Anda mengonsumsi kafein berlebihan, badan Anda akan lebih mudah lelah. Bahkan efek dari mengonsumsi kafein berlebihan ini dapat menyebabkan dehidrasi dan berkurangnya konsentrasi.

Kafein juga dapat menyebabkan jantung bekerja lebih ekstra. Jadi disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein secara berlebihan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Ilustrasi kopi, Sumber: bangka.tribunnews.com
Ilustrasi kopi, Sumber: bangka.tribunnews.com

5. Aturlah Posisi Duduk Kabin

Pastikan Anda mengatur posisi duduk yang nyaman untuk berkendara agar dapat melihat semua titik yang perlu dijangkau. Sebagai pengemudi truk wajib melihat semua titik jangkau pada truk. Sehingga Anda dapat mengemudi dengan aman.

Mengatur posisi duduk, Sumber: truckmagz.com
Mengatur posisi duduk, Sumber: truckmagz.com

6. Jaga Jarak Aman

Penting bagi pengemudi truk untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Apalagi pada saat musim hujan tiba, karena curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan jarak pandang menjadi terbatas dan rawan terjadi tabrakan.

Oleh sebab itu menjaga jarak aman diperlukan untuk menghindari hal-hal tersebut. Selain itu pengemudi juga perlu mengurangi kecepatan kendaraan di daerah yang padat kendaraan.

Taati rambu lalu lintas yang ada agar tidak terjadi kecelakaan. Melihat batas kecepatan di jalan juga perlu, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan laju truk yang Anda kendarai.

Jaga jarak aman, Sumber: today.line.me
Jaga jarak aman, Sumber: today.line.me

Itulah tadi informasi mengenai tips aman berkendara bagi para pengemudi truk. Bagi Anda yang membutuhkan jasa sewa truk box untuk berbagai kebutuhan seperti pindahan rumah, bisnis, dan yang lainnya bisa menghubungi kami.

Kabul Transport dapat membantu Anda mengirim barang secara cepat, mudah, dan efisien. Tidak hanya menyediakan jasa sewa truk box saja, Kabul Transport juga melayani sewa mobil. Anda bisa menggunakan jasa kami untuk berwisata ke Jogja dan sekitarnya.

Mengenai informasi lebih lanjut seputar promo dan diskon maupun persewaan mobil, Anda bisa langsung menghubungi kami di kontak yang telah tersedia. Jangan lupa untuk mengikuti berbagai artikel kami untuk mendapatkan informasi lainnya ya!

Leave a Comment