Inilah Perbedaan Kargo dan Reguler pada Jasa Pengiriman Barang

Jika Anda sering berbelanja melalui online tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah kargo dan reguler dalam pengiriman barang. Namun, tidak semua orang mengetahui perbedaan dari pengiriman kargo dan reguler. Jadi simak ulasan lengkap mengenai perbedaan kargo dan reguler sampai selesai, ya.

Kehadiran jasa kirim tentunya mulai dirasakan manfaatnya bagi semua orang. Pasalnya, kebutuhan untuk mengirimkan barang semakin hari semakin meningkat. Nah, dibalik barang yang sampai di tempat tujuan dengan selamat, ternyata banyak yang harus dilakukan oleh pihak ekspedisi, lho. Salah satunya yaitu mengurus surat jalan pengiriman barang.

Kembali lagi mengenai kebutuhan mengirimkan barang yang semakin banyak, membuat pihak ekspedisi mengembangkan layanannya untuk memberikan kepuasan bagi konsumen. Terdapat berbagai layanan yang ditawarkan oleh jasa ekspedisi dalam proses pengiriman. Dua diantaranya yang paling sering digunakan adalah pengiriman kargo dan reguler.

Karena sering dijadikan pilihan untuk mengirim barang, mungkin Anda bertanya-tanya amankah pengiriman kargo dan pengiriman reguler. Untuk pertanyaan tersebut tidak ada jawaban pasti untuk keduanya. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih ekspedisi yang memiliki track record bagus dalam proses pengiriman.

Perbedaan pengiriman kargo dan reguler, Sumber: majoo.id
Perbedaan pengiriman kargo dan reguler, Sumber: majoo.id

Mengenal Pengiriman Kargo dan Reguler

Sebelum mengirimkan barang menggunakan jasa pengiriman, penting bagi Anda untuk mengetahui jasa pengiriman seperti apa yang akan digunakan. Mungkin masih terdapat beberapa orang yang masih bingung mengenai pengiriman kargo dan reguler itu seperti apa.

Pengiriman kargo sendiri merupakan proses mengirimkan barang bermuatan besar dan dengan jumlah yang banyak ke lokasi dengan jarak yang relatif jauh. Sedangkan pengiriman reguler adalah layanan pengantaran dengan berat barang terbatas sesuai dengan wilayah tujuan pengiriman.

Sederhananya adalah pengiriman kargo dikhususkan untuk barang yang besar dan berat sedangkan reguler untuk barang yang relatif kecil dan ringan. 

Apa Saja Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler?

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap perusahaan jasa kirim tidak semuanya menyediakan layanan kargo. Tetapi dapat dipastikan bahwa semua memiliki layanan reguler. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui perbedaan dari keduanya.

Hal ini bertujuan agar Anda tidak salah pilih saat akan menggunakan layanan dari sebuah jasa kirim. Berikut ini adalah beberapa perbedaan layanan kargo dan reguler, antara lain:

1. Tarif Pengiriman

Harga atau tarif pengiriman tentunya menjadi point penting sebelum menentukan jasa pengiriman yang akan dipilih. Satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa perhitungan tarif untuk pengiriman kargo dan juga reguler sedikit berbeda.

Untuk reguler, tarif pengiriman biasanya akan dihitung per kilo dengan minimal berat 1 kg. Jadi, semakin berat barang yang dikirim maka semakin mahal pula tarif yang harus dibayarkan. Sedangkan kargo, perhitungan tarif pengirimannya yaitu berdasarkan berat minimal yang ditentukan, biasanya minimal adalah 10 kg.

Apabila Anda mengirimkan barang dengan berat minimal 10 kg, maka pengiriman kargo terhitung lebih murah jika dibandingkan dengan pengiriman reguler. Namun, apabila Anda mengirimkan barang di bawah dari berat minimal pengiriman kargo, maka Anda akan tetap dikenakan tarif sesuai dengan tarif berat minimal tersebut.

Tarif pengiriman yang berbeda, Sumber: ginee.com
Tarif pengiriman yang berbeda, Sumber: ginee.com

2. Jenis Paket

Perbedaan lainnya dari pengiriman kargo dan reguler adalah jenis paket yang dikirimkan. Pada pengiriman reguler, paket yang dikirimkan umumnya berukuran kecil dengan bobot yang relatif ringan. Misalnya seperti pakaian, tas, makanan, peralatan rumah tangga, hingga gadget.

Sementara pada pengiriman kargo, paket yang dikirimkan memiliki bobot yang cukup berat dan berukuran lebih besar. Misalnya seperti bahan pokok, furniture, kendaran, bahan industri, dan barang berat lainnya.

Oleh sebab itu, sebelum mengirimkan barang, Anda perlu mempertimbangkan pengiriman yang akan digunakan berdasarkan dengan ukuran dan berat barang yang akan dikirimkan.

Perbedaan jenis paket yang dikirimkan, Sumber: sendcloud.fr
Perbedaan jenis paket yang dikirimkan, Sumber: sendcloud.fr

3. Berat Paket yang Dikirim

Berat paket yang dikirim tentu juga mempengaruhi jasa pengiriman yang digunakan. Untuk pengiriman reguler, paket yang bisa dibawa berkisar antara 0 kg hingga 20 kg. Pada pengiriman reguler sendiri tidak terdapat batas minimal berat untuk paket yang akan dikirimkan.

Sedangkan pada pengiriman kargo, batas berat barang yang dikirimkan adalah minimal 5 kg hingga maksimal 50 kg atau 100 kg. Tentunya hal ini tergantung dari ketentuan masing-masing jasa kirim yang digunakan.

Berat paket yang dikirim berbeda, Sumber: blog.shipperhq.com
Berat paket yang dikirim berbeda, Sumber: blog.shipperhq.com

4. Estimasi Waktu Pengiriman

Jika Anda bertanya cargo dan reguler cepat mana, maka jawabannya adalah cepat pengiriman reguler. Karena mayoritas pengiriman kargo menggunakan transportasi darat berupa truk untuk dalam pulau, dan kapal untuk luar pulau, maka waktu pengiriman akan lebih lama dibandingkan dengan pengiriman reguler.

Jika Anda menggunakan pengiriman reguler, paket bisa sampai ke alamat tujuan dalam 3-4 hari. Sedangkan untuk pengiriman kargo, estimasi waktu pengirimannya antara 7-14 hari. Lamanya estimasi pengiriman dengan menggunakan kargo, dipengaruhi juga oleh rute pengantaran kargo yang mencakup wilayah cukup luas dan dengan ukuran barang yang besar.

Hal ini tentunya berbeda dengan pengiriman reguler yang hanya melayani paket berukuran kecil, sehingga dapat mengirimkan barang dengan mudah ke alamat tujuan.

Perbedaan estimasi waktu pengiriman, Sumber: djusd.net
Perbedaan estimasi waktu pengiriman, Sumber: djusd.net

5. Pengemasan Paket

Perbedaan ukuran serta berat barang berpengaruh juga pada pengemasannya. Dengan layanan reguler, barang yang dikirim akan dibungkus menggunakan kemasan plastik, bubble wrap, atau kardus kecil.

Sedangkan untuk layanan kargo, dalam proses pengemasannya membutuhkan kemasan yang ekstra agar paket tetap aman ketika sampai ketempat tujuan. Biasanya pada pengiriman kargo, barang akan dikemas menggunakan kardus besar, karung, hingga peti kayu.

Pengemasan yang berbeda, Sumber: expressdeliveryworldwide.com
Pengemasan yang berbeda, Sumber: expressdeliveryworldwide.com

Nah, itulah beberapa perbedaan antara pengiriman kargo dan reguler. Sebelum menentukan pengiriman yang akan dipilih, Anda perlu mempertimbangkan ukuran, serta berat barang yang akan dikirim terlebih dahulu. Sehingga dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam memilih layanan pengiriman.

Sebagai informasi tambahan, jika Anda ingin menyewa transportasi kargo, entah sewa pick up, sewa truk box, truk trailer, atau yang lainnya. Anda perlu mencari tempat persewaan yang terpercaya. Tapi tentunya jika Anda ingin mencari tempat persewaan transportasi kargo, Kabul Transport tetap juaranya.

Bingung mau kirim barang jumlah besar? Ke Kabultrans saja !

Hubungi kami untuk konsultasi persewaan truk dan kendaraan angkutan lainnya untuk pengiriman barang.

Pilih sesuai kebutuhan, dan Kami siap membantu Anda!

Leave a Comment