Tips Merawat Alat Elektronik di Rumah (Biar Awet)

Hampir di setiap rumah pasti ada alat elektronik yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja televisi (TV), barang elektronik yang satu ini merupakan barang yang hampir setiap orang memilikinya di rumah.

Ada berbagai jenis maupun ukuran TV yang dijual di toko-toko elektronik. Mulai dari yang harganya murah hingga mahalpun banyak sekali yang berminat. Hal ini dikarenakan fungsinya sebagai pemberi informasi kepada masyarakat.

Meskipun saat ini sudah ada gadget yang jauh lebih mudah untuk mendapatkan informasi, namun peran fungsi sebagai sarana hiburan ini tidak bisa langsung tergantikan. Masih banyak yang membutuhkan televisi (TV) di rumah.

Ilustrasi alat elektronik di rumah, Sumber: bp-guide.id
Ilustrasi alat elektronik di rumah, Sumber: bp-guide.id

Selain TV masih ada banyak lagi peralatan elektronik di rumah yang dibutuhkan untuk sehari-hari. Ada beberapa contoh alat elektronik di rumah di bawah ini, yakni meliputi sebagai berikut:

  • Televisi. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, hampir di setiap rumah memiliki TV. Hal ini berkaitan dengan fungsinya sebagai pemberi informasi dan saran hiburan.
  • Rice Cooker. Salah satu alat elektronik dapur rumah tangga ini juga hampir setiap rumah memilikinya. Rice cooker dapat memudahkan Anda untuk menanak nasi.
  • Kulkas. Alat elektronik rumah tangga ini juga banyak diminati oleh masyarakat karena kemampuannya untuk mendinginkan makanan atau minuman. Bahkan berbagai bahan makanan seperti sayur juga lebih awet jika disimpan di dalam kulkas.
  • AC/Kipas Angin. Cuaca panas yang dirasakan membuat banyak orang memutuskan untuk menggunakan AC/kipas angin untuk mendinginkan ruangan.
  • Mesin Cuci. Bagi orang-orang yang memiliki aktivitas yang sibuk sehingga kesulitan untuk mencuci pakaian, mesin cuci dapat digunakan sebagai solusinya. Mesin cuci dapat memudahkan pekerjaan mencuci pakaian secara cepat dan mudah.
  • dll.

Masih banyak lagi berbagai peralatan elektronik rumah tangga yang digunakan oleh masyarakat umum. Itu tadi hanya beberapa contohnya saja.

Cara Merawat Barang Elektronik

Ketika Anda memiliki berbagai alat elektronik di rumah, tentu saja perlu dirawat supaya tetap awet dan tahan lama. Berikut beberapa tips merawat peralatan elektronik yang tepat agar tidak mudah rusak.

1. Pastikan Barang Elektronik Berada Ditempat yang Benar

Bagaimana cara meletakkan barang-barang elektronik yang benar di rumah? Ketika membeli barang elektronik, tentu saja di dalamnya telah tercantum mengenai cara penyimpanannya. Anda bisa mengikuti sesuai panduan yang ada.

Baca juga: Inilah Cara Mengangkut Kulkas yang Tepat saat Pindahan!

Misalnya saja letakkan di tempat yang datar dan rata. Maksud dan tujuannya supaya barang elektronik Anda tersebut tidak terjatuk yang kemudian akan berdampak pada kerusakan. Bahkan bisa jadi alat elektronik tersebut pecah ataupun rusak.

Selain itu ada juga yang menyatakan bahwa barang harus dihindarkan dari sinar matahari. Hal ini berkaitan dengan suhu, ketika barang elektronik digunakan akan menghasilkan panas. Sehingga perlu diletakkan di tempat yang sejuk dan terhindar dari panas.

Penggunaan AC di kamar, Sumber: kompas.com
Penggunaan AC di kamar, Sumber: kompas.com

2. Hindari Terlalu Sering Memindahkan Barang Elektronik

Ternyata terlalu sering memindahkan barang elektronik ini dapat mempengaruhi komponen di dalamnya loh. Jadi ketika Anda menggeser atau memindahkannya, komponen yang ada di dalamnya juga ikut bergeser.

Jadi pada saat membeli atau memindahkannya, pastikan untuk menempatkan barang tersebut di tempat yang akan digunakan jangka panjang. Sehingga tidak berisiko pada kerusakan yang terjadi akibat komponen di dalamnya bergeser.

3. Berikan Waktu Istirahat

Ketika menggunakan barang-barang elektronik di rumah, alangkah lebih baiknya memberikan waktu jeda sebentar untuk barang tersebut beristirahat. Misalnya saja dengan mematikan AC pada saat sedang keluar rumah.

Jadi AC bisa beristirahat sejenak dan tidak cepat rusak. Selain itu juga dapat membantu menghemat pengeluaran listrik Anda loh. Supaya barang elektronik dapat bekerja lebih optimal, berikan waktu jeda untuknya beristirahat ya.

Baca juga: Pindahan Rumah Anti Ribet dengan Tips Packing Barang Berikut!

Tidak cuman barang elektronik yang berukuran besar, untuk ponsel ataupun laptop juga demikian ya. Anda perlu memberikan waktu sejenak untuk ponsel dan laptop Anda beristirahat. Matikan untuk beberapa waktu baru setelah itu digunakan lagi.

Cara merawat barang elektronik di rumah, Sumber: bramblefurniture.com
Cara merawat barang elektronik di rumah, Sumber: bramblefurniture.com

4. Bawa ke Tempat Servis yang Terpercaya

Meskipun sudah dijaga sebaik mungkin, namun beberapa bagian dari barang elektronik berkemungkinan untuk rusak atau bermasalah. Jadi pada saat itu Anda bisa membawanya ke tempat servis untuk memperbaikinya.

Namun jangan asal dibawa ke tempat servis yang sembarangan ya. Pastikan tempat servis tersebut sudah terpercaya dan berpengalaman. Karena barang elektronik merupkan barang yang cukup sensitif, jika salah sedikit saja bisa menjadi fatal.

Jadi jangan tergiur dengan harga servis yang murah ya. Belum tentu servis murah menghasilkan kualitas yang bagus. Sehingga lebih baik dibawa ke tempat berkualitas supaya barang Anda terjamin dan dapat digunakan lagi dengan normal.

5. Rutin Membersihkannya

Berbagai alat elektronik yang ada di rumah juga harus rutin dibersihkan ya supaya terhindar dari debu-debu dan kotoran. Karena jika dibiarkan saja dan kotoran menumpuk dapat mengakibatkan barang cepat rusak serta tidak awet.

Jangan malas untuk membersihkannya, karena nantinya yang rugi Anda sendiri jika barang cepat rusak. Anda bisa membuat jadwal untuk membersihkannya, misalnya 2 kali dalam seminggu atau yang lainnya.

Rutin membersihkan barang elektronik, Sumber: tokopedia.com
Rutin membersihkan barang elektronik, Sumber: tokopedia.com

Setelah mengetahui bagaimana merawat alat elektronik di rumah, diharapkan Anda untuk semakin memperhatikan lagi ya. Supaya barang elektronik di rumah tetap awet dan tahan lama. Ada tambahan informasi penting untuk Anda nih.

Jika Anda membutuhkan layanan transportasi dan logistik untuk memenuhi kebutuhan pindah rumah, maka bisa menghubungi kami. Kami dari Kabul Transport dengan senang hati membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Kabul Transport dapat membantu mengirimkan berbagai barang Anda secara cepat, mudah, dan efisien. Kami menyediakan jasa sewa truk box untuk mengangkut barang pindahan Anda tersebut. Jadi jangan ragu untuk menghubungi kami ya.

Untuk mendapatkan informasi detail mengenai persewaan mobil ataupun truk box, Anda bisa menghubungi kami di kontak yang tersedia. Jangan lupa ikuti berbagai artikel menarik lainnya dari kami hanya di laman website Kabul Transport.

Leave a Comment