8 Jenis Packing Barang Untuk Memudahkan Pindahan Rumah

Packing menjadi salah satu persiapan yang sangat penting saat hendak pindahan rumah. Ya, dengan packing, maka Anda bisa mengatur barang-barang yang hendak dibawa agar lebih rapi. Hanya saja, memang, Anda perlu mengetahui beberapa jenis packing yang tepat untuk digunakan. 

Seperti diketahui, selain melindungi barang, packing pun bisa membuat barang pindahan lebih tertata rapi. Nantinya, Anda pun juga bisa menemukan barang yang dicari dengan lebih mudah selepas pindahan. Bukankah Anda tidak ingin repot dan ribet saat pindahan rumah?

Untuk Anda yang belum tahu apa saja jenis packing barang yang bisa digunakan pada saat pindahan rumah, kita akan membahasnya. Simak ulasannya!

Pentingnya Mengemas Barang Pindahan Dengan Tepat

Salah satu kesalahan yang cukup kerap dilakukan seseorang saat pindahan rumah adalah mereka mengemas barang-barang secara asal. Padahal, seharusnya, mereka perlu melakukan packing barang dengan aman.

Setidaknya, packing yang aman akan memastikan barang yang dikemas senantiasa aman. Tentu saja, dengan keamanan yang terjaga, risiko barang yang rusak saat diangkut selama proses pindahan rumah. Terlebih, jika Anda membawa cukup banyak barang yang beberapa diantaranya cenderung fragile atau mudah pecah. 

Barang mudah pecah, Sumber: megansmoving.com
Barang mudah pecah, Sumber: megansmoving.com

Tidak hanya itu, packing barang pindahan yang tepat juga akan memudahkan proses pindahan. Pasalnya, dengan barang yang dikemas secara rapi, Anda bisa mengatur mana saja barang yang harus diangkut terlebih dahulu. Apalagi jika Anda hanya menggunakan jenis mobil angkut berkapasitas kecil.

Satu lagi alasan kenapa Anda perlu melakukan packing dengan tepat adalah menghemat waktu. Ya, dengan packing barang yang sejenis dan menambahkan label, nantinya Anda tidak perlu bingung mencari barang tertentu terutama saat hendak mengatur ulang barang tersebut di rumah yang baru.

Jenis Packing Barang yang Sering Digunakan

Terdapat beberapa jenis packing barang yang dapat digunakan saat pindahan rumah. Setiap jenisnya memiliki fungsi packing masing-masing sesuai barang yang akan dikemas. Dengan begitu, barang pindahan akan selalu terjaga dan aman dari kerusakan.

Berikut ini beberapa jenis packing barang diantaranya adalah:

1. Packing Kardus

Menggunakan packing kardus akan sangat pas untuk mengemas barang pindahan. Dengan bentuk kotak seperti kubus dan memiliki bobot yang ringan, juga dapat melindungi barang pindahan dari goresan atau lecet. Tak jarang banyak yang menjadikan packing kardus sebagai  tips pindah rumah pada poin packaging.

Packing menggunakan kardus, Sumber: hitoko.co.id
Packing menggunakan kardus, Sumber: hitoko.co.id

Umumnya packing kardus digunakan untuk mengemas barang-barang ukuran kecil hingga sedang. Misalnya mengemas pakaian, miniatur, buku, dan lain-lain dalam jumlah yang banyak sesuai ukuran kardus. Inilah mengapa, packing kardus sangat populer digunakan untuk mengemas barang.

2. Packing Bubble Wrap

Bubble wrap adalah jenis packing yang terbuat dari bahan plastik transparan dan terdapat gelembung di seluruh permukaannya. Walaupun hanya terbuat dari plastik, perlindungannya terhadap barang sangatlah baik. Inilah alasan, banyak yang menggunakan packing plastik untuk mengemas barang yang rentan rusak.

Perlindungan barang dari benturan disebabkan oleh gelembung udara yang dapat mencegah dari terjadinya kerusakan. Jadi, bila Anda ingin melindungi barang pecah belah, elektronik, dan lain-lain, bisa menggunakan packing bubble wrap.

3. Packing Plastik

Memiliki bahan yang anti air dan ringan, menjadikan packing plastik juga banyak digunakan. Hanya saja bahannya sangat rentan terhadap benturan dan goresan, sehingga kurang cocok untuk mengemas barang pecah belah. Tetapi, banyak digunakan untuk packing paket.

Penggunaan packing plastik pun hanya untuk barang-barang pindahan tertentu saja. Barang tersebut seperti baju dan jenis barang lainnya yang tidak rentan rusak. Jadi, pastikan Anda menggunakan packing plastik bukan untuk barang yang mudah rusak bila terkena benturan.

4. Packing Kayu

Selain packing kardus, packing kayu pun cukup populer digunakan untuk mengemas barang pindahan. Jenis packing satu ini dikenal memiliki pelindung yang baik, sehingga dapat mencegah barang dari berbagai kerusakan. Packing kayu juga menjadi salah satu cara packing barang besar dengan mudah.

Packing kayu, Sumber: dnbcargo.com
Packing kayu, Sumber: dnbcargo.com

Dalam penggunaannya packing kayu umumnya digunakan sebagai pelindung ekstra. Misalnya barang yang sudah dikemas dengan kardus atau plastik akan menggunakan packing kayu sebagai pelindungnya. Jadi, pada saat ditumpuk barang pindahan tidak akan mudah rusak. 

5. Packing Karung

Mungkin sebagian dari Anda belum terlalu mengenal packing karung. Sering digunakan sebagai perlindungan luar dari barang pindahan. Tujuan penggunaan packing karung adalah untuk memuat barang-barang berukuran kecil menjadi satu.

Keuntungan menggunakan packing karung adalah barang yang tadinya banyak akan dibuat menjadi satu barang. Dengan begitu, akan sangat membantu Anda dalam proses pindahan rumah. Serta barang-barang pindahan akan tertata rapi dan terlindungi.

6. Packing Wrapper

Jenis packing yang satu ini memiliki bahan dasar yang sama dengan packing plastik. Hanya saja, packing wrapping jauh lebih baik dari segi perlindungan barang. Pasalnya digunakan dalam beberapa lapisan untuk membuat barang terlindungi dan aman.

Bentuk dari packing wrapper adalah gulungan plastik tipis transparan yang kuat. Bisa melindungi barang dari berbagai kondisi seperti goresan dan benturan. Cocok digunakan bila Anda ingin melindungi barang yang rentan tergores saat pindahan rumah.

7. Packing Koran

Mungkin packing koran tak populer bila dibandingkan dengan jenis packing lainnya. Namun, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan packing yang satu ini. Salah satu keuntungannya adalah menghemat biaya untuk membeli kemasan packaging. 

Packing menggunakan koran, Sumber: keeppack.id
Packing menggunakan koran, Sumber: keeppack.id

Anda bisa menggunakan packing koran untuk mengemas barang pindahan yang tidak rentan rusak. Contohnya seperti mengemas peralatan makan agar tidak terkena debu dan kotoran. Untuk mendapatkan koran pun tidaklah sulit, karena pasti Anda mengumpulnya di rumah.

8. Packing Amplop

Saat pindah rumah pasti Anda akan mengemas dokumen atau berkas-berkas penting. Untuk membuatnya tertata rapi dan tidak tercecer, bisa menggunakan packing amplop. Terdapat ukuran beberapa amplop yang bisa Anda sesuaikan dengan keperluan mengemas dokumen.

Menggunakan packing amplop untuk mengemas dokumen penting sangatlah tepat. Selain melindungi dokumen dari kerusakan, juga membedakannya dengan barang pindahan lainnya.

Itulah jenis packing barang yang bisa Anda gunakan saat pindahan rumah. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan keperluan dalam mengemas barang. Dengan begitu, kegiatan pindahan rumah dapat menjadi mudah dan tidak merepotkan.

Ingin Pindahan Rumah? Gunakan Layanan Kabul Transport!

Saat pindah rumah tentu, selain fokus pada kegiatan mengemas barang saja yang Anda juga harus menyiapkan jenis kendaraan untuk memindahkan barang ke rumah baru. Ya, dengan kendaraan yang tepat, tentu proses pindahan rumah akan lebih mudah dan cepat.

Truk box untuk angkut barang, Sumber: dvscommercials.co.uk
Truk box untuk angkut barang, Sumber: dvscommercials.co.uk

Berbincang kendaraan untuk pindah rumah, Kabul Transport menyediakan layanan sewa truk box dan jenis truk lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan proses pindahan rumah. Tentu, ada cukup banyak variasi truk angkut yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pindahan.

Bingung mau pindahan? Ke Kabultrans saja !

Hubungi kami untuk konsultasi persewaan truk dan kendaraan angkutan lainnya.

Pilih sesuai kebutuhan, dan Kami siap membantu Anda!

Leave a Comment